Seminar Nasional Gizi Cairan dan Kesehatan Ginjal

Seminar Nasional Gizi Cairan dan Kesehatan Ginjal

Share


Seminar Nasional Gizi Cairan dan Kesehatan Ginjal

Kamis, 11 Maret 2010

 

Air berperan sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.  Universitas Esa Unggul, Fakultas Ilmu Kesehatan, Program Studi Ilmu Gizi dalam rangka memberikan wawasan akan pentingnya air bagi kesehatan tubuh manusia, menggelar Seminar Nasional “Gizi Cairan dan Kesehatan Ginjal” pada Sabtu, 27 Maret 2010 di Aula Kemala.  Acara ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Aqua Danone Indonesia ini dihadiri 300 peserta yang terdiri dari para ahli gizi, praktisi kesehatan dan para mahasiswa jurusan ilmu gizi, dan mahasiswa lain baik yang berasal dari UEU maupun dari luar UEU.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Idrus Jus’at, Ph.D, dilanjutkan dengan welcome note oleh Dr. Minarto, MPS (Direktur Bina Gizi Masyarakat DepKes dan Ketua Umum DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia). Dalam sambutannya Dr. Minarto menyebutkan bahwa seluruh makluk hidup di muka bumi ini pasti sangat memerlukan air, karena 60% dari tubuh kita adalah air yang memegang peranan penting sebagai fungsi fisiologis dan proses biokimia.

Prof. Dr. Hardinsyah – Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, dan Guru Besar pada Departmen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB memberikan materi “Pahami Manfaat dan Kebutuhan Air Serta Cegah Dampak Buruk Dehidrasi”. Prof. Dr. Hardinsyah membahas antara lain Pentingnya Air Minum, Masalah Dehidrasi di Indonesia, Dampak buruk bagi Stamina & Kesehatan, Dampak Buruk Bagi Kecerdasan, Kebutuhan Air, dan Kiat Cegah Dehidrasi. Dalam presentasinya Prof. Dr. Hardinsyah menyimpulkan bahwa:

Pembicara kedua dilanjutkan dengan Dr. dr. Parlindungan Siregar SpPD.KGH (Divisi Ginjal Hipertensi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI / RS Dr. Cipto Mangunkusumo) yang membahas tentang “Air dan Kesehatan Ginal.” Bapak Parlindungan menyebutkan 3 hal penting yaitu:

 

  1. Asupan air dengan sasaran volume urin 2 liter, dapat mencegah kekambuhan batu saluran kemih
  2. Asupan air volume besar disertai tidak menahan keinginan berkemih merupakan salah satu cara untuk mencegah infeksi saluran kemih.
  3. Asupan air untuk usia lanjut dianjurkan tidak lebih dari 1,5 liter per 24 jam.

 

Dapat disimpulkan bahawa air sangat penting untuk mempertahankan volume vascular untuk mendukung pasokan nutrisi ke jaringan, dan untuk membuang limbah melalui system kardiovaskular dan ginjal untuk membersihkan hati. Kekurangan air di dalam tubuh dapat menyebabkan terganggunya kemampuan tubuh dalam menjada keseimbangan (homeostatis) tubuh mengakibatkan sakit, latihan fisik, stress iklim, dan dapat berdampak terhadap fungsi dan kesehatan. Banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan air sehari – hari manusia seperti mekanisme haus, usia, gentek, jenis kelamin, kemampuan fisik, ketersediaan, lingkungan sosial dan faktor budaya. Jadi, sebaiknya minum air mineral minimal 2 liter per hari.

Read More Post
Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul