Universitas Esa Unggul sambut 2.220 Peserta SBMPTN 2018

Universitas Esa Unggul sambut 2.220 Peserta SBMPTN 2018

 

Sejumlah Peserta SBMPTN

Sejumlah Peserta SBMPTN

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Seleksi Bersama Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 kembali digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Universitas Esa Unggul menjadi salah satu tempat penyelenggaran SBMPTN, terhitung Sebanyak 2.220 peserta SBMPTN berbondong-bondong sejak pagi hari memadati kampus Esa Unggul.

Dalam SBMPTN 2018 yang digelar di Esa Unggul, para peserta mengerjakan sejumlah soal dalam dua sesi. Sesi Pertama para peserta mengerjakan Materi Saintek yang meliputi Biologi, Kimia, Fisika, Matematika dan IPA. Sementara pada sesi kedua mereka menghadapi soal-soal TKPA (Tes Kemampuan Potensi Akademik) yang meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Soal TPA (Tes Potensi Akademik).

 

Begitu Khidmatnya Para Peserta Mengerjakan SBMPTN

Begitu Khidmatnya Para Peserta Mengerjakan SBMPTN

Salah satu peserta SBMPTN Arinda Maharani mengatakan sejak jauh-jauh hari dirinya telah mempersiapkan menghadapi ujian SBMPTN, seperti melakukan pembelajaran intensif lewat soal-soal dan materi SBMPTN tahun lalu.

“Untuk menghadapi ujian SBMPTN ini sih saya mempersiapkannya selama Tiga minggu full mengerjakan materi-materi terkait ujian SBMPTN, itu sih menurut saya belum cukup,” terang Arinda di Kampus Esa Unggul Kebon Jeruk, Jakarta Barat (09/05/2018).

Siswi alumni SMA IIBS ini juga menceritakan betapa sulitnya soal-soal yang diujikan selama SBMPTN, terlebih waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal SBMPTN ini pun sangat sedikit sehingga dirinya tidak mampu mengatur waktu dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN.

“Kendala utamanya mengerjakan soal itu saat harus mengatur waktu dan memilih mana soal yang yang bisa saya prioritaskan, jangan sampai mengerjakan soal-soal yang susah malah membuang-buang waktu, jadi harus seimbang mengerjakan soalnya,” tutur gadis berkacamata ini.

Senada dengan Arinda, Rendhy Melantino Saputra salah satu peserta SBMPTN juga merasakan kesulitan mengerjakan soal-soal SBMPTN. Dirinya melanjutkan soal-soal tersulit yang dirinya temui terutama mencakup materi-materi Saintek yakni Biologi dan Matematika.

“Ujiannya tadi sih lumayan lancar, tapi mengerjakannya yang susah apalagi sama soal-soal Saintek seperti Biologi, matematika. Padahal saya sendiri sudah mempersiapkan dari sebulan yang lalu belajar bareng teman-teman,” ujarnya.

Suasana Saat Para Siswa Mengikuti Ujian SBMPTN

Suasana Saat Para Siswa Mengikuti Ujian SBMPTN

Siswa SMK 2 Depok ini pun berpesan bagi teman-teman yang akan mengerjakan SBMPTN tahun depan agar dapat mempersiapkan sebaik-baiknya, karena soal-soal yang keluar di SBMPTN diluar ekspektasi.

“Pokoknya bagi temen-temen yang ingin mengikuti kembali ujian SBMPTN harus belajar konsisten, soalnya materi yang diujikan kebanyakan berbeda dengan soal-soal latihan yang kita kerjakan, terus jangan lupa berdoa juga biar makin optimis mengerjakan,”tutupnya.

Menurut Kementerian Ristek Dikti pada tahun ini jumlah peserta yang mengikuti kegiatan SBMPTN berjumlah 860.001 peserta. Dari jumlah tersebut dapat dirinci terdiri dari peserta ujian sains dan teknologi (saintek) 341.290 peserta, sosial humaniora (soshum) 359.140 peserta dan campuran 159.571 orang. Dari total pendaftar SBMPTN 2018 tersebut diketahui bahwa peserta reguler sebanyak 672.816 peserta dan Bidikmisi sebanyak 187.185 peserta.

Sementara itu, para pendamping Peserta SBMPTN Berbondong-bondong Ke Ballroom Aula Kemala Untuk menyaksikan Presentasi dan Pameran

Sementara itu, para pendamping Peserta SBMPTN Berbondong-bondong Ke Ballroom Aula Kemala Untuk menyaksikan Presentasi dan Pameran

untuk melancarakan acara SBMPTN 2018, pihak Esa Unggul telah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang SBMPTN, seperti fasilitas parkir, tenda penunggu orang tua, para pengawas ujian hingga pusat informasi. Acara SBMPTN sendiri berlangsung dari pukul 07.00 hingga 11.45 WIB dan berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *