Universitas Esa Unggul Jadi Tuan Rumah Uji Kompetensi Nutrisionis Provinsi DKI Jakarta

Universitas Esa Unggul Jadi Tuan Rumah Uji Kompetensi Nutrisionis Provinsi DKI Jakarta

Esaunggul.ac.id, Pada Minggu (13/07) kemarin, Tryout Uji Kompetensi Nutrisionis digelar di Universitas Esa Unggul. Tryout Uji kompetensi ini dilakukan guna mempersiapkan para peserta mengikuti Uji Kompetensi yang sebenarnya pada 28 September mendatang.

Panitia Penyelenggara Tryout Uji Kompetensi, Vitria Melani mengatakan Pada Try Out yang diselenggarakan di TUK Universitas Esa Unggul, terdapat 178 orang peserta yang terdaftar. Peserta tidak hanya berasal dari Program Studi Gizi Universitas Esa Unggul, namun juga dari berbagai Perguruan Tinggi lain seperti UGM, UI, UNDIP, IPB, UHAMKA, dan Universias Alma Ata.

“Vitria melanjutkan Tryout Uji Kompetensi Nutrisionis berlangsung selama tiga jam, mulai pukul delapan hingga sebelas. Waktu pengerjaan Tryout dimulai secara serentak di seluruh TUK se Indonesia dengan satu komando dari Ketua Panitia Nasional,” tuturnya.

Vitria pun menerangkan baik Tryout, maupun Uji Kompetensi sesungguhnya, peserta akan diberikan 180 pertanyaan terkait dengan kompetensinya sebagai calon Ahli Gizi yang diukur dari bidang Gizi Klinis, Gizi Masyarakat, dan Gizi Institusi.

“Tujuan diadakan Uji Kompetensi adalah untuk mengukur kemampuan lulusan dan calon lulusan dalam mencapai kompetensi sebagai seorang ahli gizi yang kompeten di bidangnya. Dalam pelaksanaan Uji Kompetensi, panitia nasional yang terdiri dari anggota AIPGI dan Persagi bekerjasama dengan beberapa Program Studi Gizi yang bersedia menjadi tuan rumah atau Tempat Uji Kompetensi (TUK),” ucapnya.

Universitas Esa Unggul nantinya akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Uji Kompetensi Nutrisionis tingkat DKI Jakarta yang akan dilakukan pada Bulan september. “Uji Kompetensi Nutrisionis merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI) dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi). Uji Kompetensi ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2018 serentak secara nasional, dan Esa Unggul menjadi terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaran,” ucapnya.

Vitria pun mengharapkan dengan penyelenggaran Uji Kompetensi Nutrisionis ini menjadi momentum bagi para ahli, akademisi dan praktisi Ilmu Gizi untuk meningkatkan kualifikasi serta kualitas dalam bidang keilmuaan Gizi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *