Universitas Esa Unggul Gelar Latihan Relawan Bencana bersama BPBD DKI Jakarta

Universitas Esa Unggul Gelar Latihan Relawan Bencana bersama BPBD DKI Jakarta

Foto Bersama Seusai Acara

Foto Bersama Seusai Acara

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menggelar latihan relawan dan simulasi menghadapi bencana di Universitas Esa Unggul Kebon Jeruk. Acara ini merupakan inisiasi dari BPBD sebagai langkah mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana menghadapi situasi bencana.

Seksi Pencegahan BPBD DKI Jakarta Rian Sarsono mengatakan kegiatan simulasi dan pelatihan BPBD kali ini dikhususkan untuk peningkatan kapasitas Penaggulangan bencana di masyarakat yang dikhususkan untuk para sivitas Universitas Esa Unggul. Sehingga nantinya para peserta yang mengikuti latihan relawan dan simulasi, dapat ikut berpartisipasi dalam menanggulangi bencana baik Pra bencana maupun pasca bencana.

Para Pemateri yang memberikan latihan Simulasi kepada Para Relawan

Para Pemateri yang memberikan latihan Simulasi kepada Para Relawan

Dipilihnya Universitas Esa Unggul dalam kegiatan BPBD ini dikarenakan program pelatihan BPBD dikhususkan kepada beberapa Elemen masyarakat yakni Elemen Kelurahan, Kesehatan dan Pendidikan. Hal inilah yang menjadi dasar program BPBD ini digelar di kampus Esa Unggul karena Esa Unggul termasuk dalam elemen pendidikan. Selain itu, Esa Unggul juga telah lama bekerjasama dengan BPBD dalam beberapa kegiatan simulasi dalam kurun waktu dua tahun belakangan.

“Universitas Esa Unggul dipilih dalam latihan simulasi ini dikarenakan Esa Unggul kami anggap memiliki kepedulian dalam penanggulangan menghadapi bencana dan Esa Unggul telah bekerjasama dengan BPBD, sejak hampir 2 tahun BPBD telah menggelar latihan simulasi menghadapi bencana di kampus ini,” terang Rian, di Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat (18/04/2018).

Rian pun menambahkan ke depannya BPBD DKI Jakarta akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) terkait penanggulangan Bencana antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Universitas Esa Unggul.

Dirinya pun berharap Universitas Esa Unggul dapat berperan aktif dan ikut berpartisipasi dalam penanggulangan bencana salah satunya dengan memasukan materi  maupun pendidikan-pendidikan tentang kebencanaan.

“Kami dari BPBD berharap Universitas Esa Unggul menjadi pelopor kesiapsiagaan bencana di Masyarakat, terutama para sivitas Esa Unggul harus mengerti dengan penanggulangan bencana lewat pemberian materi-materi dan pendidikan tentang kebencanaan,” tutupnya.

Simulasi Bencana Gempa

Simulasi Bencana Gempa

Latihan relawan dan simulasi bencana BPBD DKI Jakarta diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari mahasiswa, anggota KSR hingga Petugas Kemananan Esa Unggul. Beberapa materi yang diberikan dalam Latihan Relawan dan simulasi ini diantaranya Pengantar Manajemen Bencana, Sharing Experince: Relawan Komunitas, Pertolongan Pertama pada korban bencana, Simulasi Evakuasi Gempa Bumi dan Simulasi Pemadaman Api.

Simulasi Pertologan pada Bencana

Simulasi Pertologan pada Bencana

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *