Deskripsi:

Pelepasan Informasi Medis untuk klaim asuransi dilakukan oleh tenaga profesional Rekam Medis. Di Rumah Sakit Atma Jaya masih banyak ditemukan penyelesaian klaim asuransi yang terlambat padahal hal ini dapat menyebabkan kerugian baik bagi pasien maupun Rumah Sakit. Data yang dianalisis adalah data pengajuan klaim asuransi pasien rawat inap pada tahun 2012 diRumah Sakit Atma Jaya. Penelitian yang digunakan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 95 dari sampel formulir asuransi pasien rawat inap tahun 2012 diperoleh rata-rata pengajuan klaim yang tepat waktu 26,31% dan rata-rata pengajuan klaim yang tidak tepat waktu sebesar 73,69%, ini menunjukkan bahwa persentase pengajuan klaim asuransi yang tidak sesuai dengan standar waktu pengajuan klaim asuransi di Rumah Sakit masih banyak ditemukan. Kebijakan dan SPO ( Standar Prosedur Operasional) sudah ada. Berdasarkan wawancara ada beberapa faktor yang menghambat pelepasan informasi untuk klaim asuransi seperti ketidaklengkapan pengisian formuliar asuransi serta dokter yang tidak selalu di Rumah Sakit. Oleh karena itu perlu dilakukannya perbaikan dalam pengisian data pengajuan klaim asuransi di dalam buku expedisi serta dibuatkannya pembagian tugas yang jelas agar seluruh sistem pelayanan Rekam Medis, khususnya pelepasan informasi medis untuk asuransi dapat terorganisir dengan baik.

Penulis :

Ellyn Gusnawati ( 2010-36-043 )

Download :