Tiga Mahasiswi Esa Unggul Raih Juara di Pekan Keperawatan Nasional

Tiga Mahasiswi Esa Unggul Raih Juara di Pekan Keperawatan Nasional

Tiga Mahasiswi yang berhasil mendapatkan juara

Esaunggul.ac.id, Kabar membanggakan kembali datang dari tiga mahasiswa Universitas Esa Unggul. Kali ini, Tiga mahasiswa Keperawatan UEU berhasil mendapatkan juara di Pekan Keperawatan Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 2 – 5 Mei 2019, di Universitas Sari Mulia Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dalam ajang tersebut, tiga mahasiswa Esa Unggul membuat karya Tulis Ilmiah yang mengangkat tema “Pendekatan Spiritual Care Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Anak dengan ALL.” Salah satu mahasiswi Keperawatan yakni Royani mengatakan persiapan dirinya dan teman-teman keperawatan UEU untuk membuat Karya Ilmiah dan mengikuti ajang tersebut dilakukan selama hampir sebulan lamanya.

“Persiapannya kami lakukan dalam kurun waktu 1 bulan, semua berjalan dengan lancar tanpa adanya kesulitan yang berarti apalagi kami didampingi oleh Dosen pembimbing yang berkompten di bidangnya, hanya ada kendala dipembagian waktu antara mengerjakan tugas kuliah dan KTI, sempat keteteran” ujar Rohyani, di Universitas Esa Unggul beberapa waktu yang lalu.

Rohyani pun menjelaskan Karya Ilmiah yang dibuat olehnya dan teman-temanya ini membahas prevalensi anak dengan ALL (Acute Lymphoblastic Leukemia) yang cukup tinggi, dan tugas perawat yang seharusnya melakukan asuhan secara holistik kenyataannya berdasarkan penelitian aspek spiritual pasien kurang diperhatikan.

“Dari penelitian yang ditemukan dalam Karya Ilmiah ini adalah belum ada jurnal atau penelitian yang melakukan intervensi spiritual care pada anak ALL secara langsung. Sehingga tidak bisa diketahui gambaran efekvitas pendekatan ini, namun berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pendekatan spiritual care dapat diterapkan atau dilakukan pada anak dengan ALL tetapi melalui keluarga,” ujarnya.

Dirinya berharap dari sejumlah karya Ilmiah yang dibuat olehnya dan dua temannya dapat bermanfaat bagi kajian-kajian di bidang ilmu kesehatan selanjutnya. ” Mudah-mudahan karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, dan kedepannya kami dapat membuat sejumlah karya imiah kembali, penghargaan di Pekan Keperawatan Nasional ini menjadi salah satu motivasi kami untuk mendapatkan kembali penghargaan lainnya,” tutupnya.

Pada Pekan keperawatan Nasional ini sejumlah Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta mengikuti ajang tersebut. Pada tahun ini Pekan Keperawatan Nasional mengambil tema Improved knowledge and skills to be a professional nurse by the cultural based approach in palliative care”. Cabang perlombaan terdiri dari karya tulis ilmiah, poster dan video edukasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *