Deskripsi :

Personal branding adalah suatu cara untuk menggambarkan diri seseorang secara singkat dan mudah diingat.Dengan personal branding Muklay di bidang seni sebagai seniman visual, Muklay memerlukan strategi public relations untuk membangun personal branding tersebut agar lebih mudah dalam mendekatkan diri kepublik. Maka penelitian ini akan menjelaskan bagaimana strategi public relations yang ditinjau dari strategi PENCILS untuk membangun personal branding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan kepada key informan yaitu Muklay serta informan tambahan yaitu dari Gardu House, Detik.com, dan salah satu klien Muklay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Muklay telah membangun personal branding sebagai seniman visual melalui publikasi, event, berita, berhubungan dengan komunitas,berhubungan dengan media, lobi dan negosiasi, dan mengikuti kegiatan sosial. Strategi PENCILS tersebut terbukti berhasil dengan luasnya relasi Muklay dengan banyak khalayak yang memiliki latar belakang yang berbeda, bukan hanya di bidang seni.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

  • Suci Rahmatunisa
  • Erna Febriani

Download :