Publish : Januari 2020

Deskripsi :

Lembaga Bahasa (LB) LIA Grogol adalah unit dibawah Yayasan LIA yang
bergerak dibidang pengajaran non formal Bahasa Inggris dan Bahasa lain.
Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui strategi marketing public relations dalam mempromosikan Lembaga Bahasa (LB) LIA Grogol dan media marketing public relations yang digunakan Lembaga Bahasa (LB) LIA Grogol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang digunakan Lembaga Bahasa (LB) LIA Grogol dalam mempromosikan program-program nya adalah pull strategy, push strategy, dan pass strategy dari Thomas L. Harris.

Pertama, pull strategy, yaitu bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat dengan memanfaatkan media cetak daan media sosial yang dimiliki Lembaga Bahasa (LB) LIA Grogol serta mengadakan kerja sama dengan sekolah-sekolah. Kedua, push strategy, yaitu memaksimal kegiatan customer relations dengan mengadakan kegiatan kesiswaan seperti mengadakan test untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris siswa di sekolah dan LIA English Competition (LEC) yang diadakan setahun sekali. Dan ketiga, pass strategy yaitu melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melakukan pengajaran secara pasif ke beberapa sekolah, menyumbang hewan qurban ke mesjid terdekat, dan menyumbang buku-buku ke daerah sekitar. Dan dalam mempromosikan programprogram yang ada, Lembaga Bahasa (LB) LIA Grogol menggunakan media cetak (brosur, banner, kalender, dan booth) dan media cetak (website, instagram, facebook, dan twitter).

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Viera Nurulita Cahyani

Download :