Deskripsi:

permaslahan kebutuhan hambatan belajar yang dialami peserta didik tidak menjadi fokus perhatian dalam penanganan permasalahn pendidikan. Kondisi ini perlu diatasi dengan pembiasaan gerak sederhana senam otak sebagai penerapan ketrampilan manajemen kelas guna optimalisasi kesiapan dalam hasil belajar. Penelitian Mixed Method dengan eksperimen pada proses ketrampilan manajemen kelas dengan senam otak dan pengaruhnya terhadap kesiapan belajar dan hasil mengajar mata kuliah metode penelitian mahasiswa PGSD-FKIP-UEU Jakarta. Ukuran sampel Slovin 30 mahasiswa semester 6. Hasil penelitian (1) proses penelitian dilakukan sebagai pra, aktivitas dan pasca terintegrasi ketrampilan manajemen kelas dan terdapat pengaruh positif dan kuat dan signifikan pada:(2) manajemen kelas tanpa senam otak dengan kesiapan belajar (r=0,783, R2= 61,4%) (3) manajemen kelas tanpa senam otak terhadap hasil belajar (r=0,688, R2=47,3%); (4) manajemen otak dengan kesiapan belajar (r= 0,799, R= 63,9%) ;(5) manajemen kelas dengan senam otak terhadap hasil belajar (r=0,693, R2=48,1%) dan terdapat perbedaan yang kuat, positif dan signifikan sebelum dan setelah senam otak sebelum dan setelah senam otak pada: Kesiapan belajar (mean =2,94, r=0,784), dan hasil belajar (mean= 9,74, r-0,765)

Universitas Esa Unggul

Penulis:

  • Ratnawati Susanto ( 7144 )

Download: