Deskripsi :

Permasalahan, kebutuhan dan hambatan belajar yang dialami peserta didik tidak menjadi fokus perhatian dalam penanganan permasalahan pendidikan. Kondisi ini perlu diatasi dengan pembiasaan gerakan sederhana senam otak sebagai penerapan keterampilan manajemen kelas guna optimalisasi kesiapan dan hasil belajar. Penelitian Mixed Methods dengan eksperimen pada Proses Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas Dengan Senam Otak Dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa PGSD FKIP UEU Jakarta.. Ukuran sampel (Slovin) 30 mahasiswa semester 6. Hasil penelitian : (1) Proses penerapan senam otak dilakukan sebagai kegiatan pra, aktivitas dan pasca terintegrasi keterampilan manajemen kelas; dan terdapat pengaruh yang positif kuat dan sangat signifikan pada: (2) Manajemen kelas tanpa senam otak dengan kesiapan belajar (r = 0,783, R2 = 61,4%); (3) Manajemen kelas tanpa senam otak terhadap hasil belajar (r = 0,688, R2 = 47,3%) ; (4) Manajemen kelas dengan senam otak terhadap kesiapan belajar (r = 0,799, R2 = 63,9% ); (5) Manajemen kelas dengan senam otak terhadap hasil belajar (r = 0,693, R2= 48,1%); dan terdapat perbedaan yang kuat, positif dan signifikan sebelum dan setelah senam otak pada: (6) Kesiapan belajar (mean = 2,94, r = 0,784 ; dan (7) Hasil belajar (mean = 9,74, r = 0,765).. Kata Kunci : Proses, Keterampilan Manajemen Kelas, Senam otak, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Ratnawati Susanto

Download :