Perbedaan Kecerdasan Emosional Ditinjau dari Persepsi Penerapan Disiplin Orangtua pada Mahasiswa UIEU

Deskripsi:
Salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan emosi anak adalah penerapan disiplin yang diterapkan orangtua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosional mahasiswa ditinjau dari persepsi penerapan disiplin orangtua. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan kecerdasan emosional mahasiswa ditinjau dari persepsi penerapan disiplin orangtua. Kecerdasan emosional mahasiswa yang mempersepsi penerapan disiplin orangtua demokratis lebih tinggi dari pada mahasiswa yang menerima pola asuh permisif dan otoriter. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Indonusa Esa Unggul program reguler S-1 berjumlah 4827 mahasiswa, sedangkan jumlah sampel yang diambil berjumlah 369 subjek. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala persepsi penerapan disiplin orangtua dan kecerdasan emosional. Seangkan data yang diperoleh menggunakan teknik chisquare tests Dari data yang diperoleh hasil uji chi-square probabilitas 0,000 artinya ada perbedaan kecerdasan emosional mahasiswa ditinjau dari persepsi penerapan disiplin orangtua otoriter, demokratis, dan permisif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan kecerdasan emosional mahasiswa ditinjau dari persepsi penerapan disiplin orangtua otoriter, demokratis, dan permisif. Perbedaan terletak pada mahasiswa yang mempersepsi penerapan disiplin orangtua demokratis yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Sedangkan mahasiswa yang mempersepsi penerapan disiplin orangtua otoriter dan permisif memiliki kecerdasan emosional rendah.
Penulis:

NASRUL PRADANA ( 200471082 )

Download: