Peran Dosen pada Pembelajaran Student Centered Learning

Deskripsi:

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran salah satu model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam mentransfer konsep suatu materi mata kuliah serta peran dosen di dalam kelas, salah satunya adalah model pembelajaran studen cetered learning. Dalam model pembelajaran ini penting adanya perubahan paradigma dalam proses pembelajaran, yang tadinya berpusat pada dosen (lecturer centered) menjadi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered). Dengan memahami prinsip di atas diharapkan dosen dapat mendorong mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuan, sikap dan perilaku. Melalui proses pembelajaran dengan keterlibatan aktif mahasiswa ini maka dosen berperan sebagai fasilitator dengan tidak mengintervensi terlalu dalam dan tidak mengambil hak mahasiswa untuk belajar dalam arti yang sesungguhnya. Dalam proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa(student centered learning), maka mahasiswa memperoleh kesempatan dan fasilitasi untuk membangun sendiri pengetahuannya sehingga mereka akan memperoleh pemahaman yang mendalam (deep learning), dan pada akhimya dapat meningkatkan kualitas mahasiswa.

Penulis:

Johanes

Download: