Deskripsi :

Selama lebih dari 10 tahun, industri cosplay Indonesia mengalami perubahan produk cosplay (costume play). Berawal dari cosplayer (pelaku cosplay) yang mem- buat  kostum  sendiri hingga  berkembang menjadi cosmaker (costume maker atau orang yang pembuat produk cosplay). Banyak acara cosplay Indonesia diadakan tiap tahunnya membuat peminat cosplay berkembang dan menghadirkan industri cosplay. Produk  cosplay buatan cosmaker  pun  mengalami  fenomena perubahan dalam penggunaan digitalisasi seperti pencarian informasi karakter yang akan di-wujudkan.teknik pembuatan sampai materialnya. Untuk itu, dilakukan pemetaan diakronik berdasarkan media informasi cetak dan digital yang digunakan cosmaker dan cosplayer dalam pembuatan produk cosplay pada perkembangan industri cosplay  di  Indonesia secara  fenomenologi  dalam  metodologi  penelitian  grounded theory. Dari data ini akan terlihat peran digitalisasi sebagai unsur pendukung perubahan produk cosplay buatan cosmaker di industri cosplay Indonesia mulai dari teknik pembuatan, material maupun media informasi.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Putri Anggraeni Widyastuti, Ratih Pertiwi, dan Huddiansyah

Download :