Deskripsi :
Selama lebih dari 10 tahun, industri cosplay Indonesia mengalami perubahan produk cosplay (costume play). Berawal dari cosplayer (pelaku cosplay) yang mem- buat kostum sendiri hingga berkembang menjadi cosmaker (costume maker atau orang yang pembuat produk cosplay). Banyak acara cosplay Indonesia diadakan tiap tahunnya membuat peminat cosplay berkembang dan menghadirkan industri cosplay. Produk cosplay buatan cosmaker pun mengalami fenomena perubahan dalam penggunaan digitalisasi seperti pencarian informasi karakter yang akan di-wujudkan.teknik pembuatan sampai materialnya. Untuk itu, dilakukan pemetaan diakronik berdasarkan media informasi cetak dan digital yang digunakan cosmaker dan cosplayer dalam pembuatan produk cosplay pada perkembangan industri cosplay di Indonesia secara fenomenologi dalam metodologi penelitian grounded theory. Dari data ini akan terlihat peran digitalisasi sebagai unsur pendukung perubahan produk cosplay buatan cosmaker di industri cosplay Indonesia mulai dari teknik pembuatan, material maupun media informasi.
Universitas Esa Unggul
Penulis :
Putri Anggraeni Widyastuti, Ratih Pertiwi, dan Huddiansyah
Download :