Peran Departemen Kreatif dalam Program Acara "Stand Up Comedy" di Indosiar




Peran Departemen Kreatif dalam Program Acara “Stand Up Comedy” di Indosiar

Deskripsi:
Departemen kreatif adalah salah satu departemen yang tergabung dalam departemen operasional yang mempertanggung jawabkan pekerjaannya kepada produser. Departemen kreatif bekerja saat pra produksi, produksi dan paska produksi. Kajian teori ilmu Komunikasi yang digunakan adalah menurut Laswell. Komunikasi adalah suatu proses menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa dan memberikan dampak atau efek apa (Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect) dan menggunakan Teori Kultivasi (Cultivation Theory) menurut George Gerbner. Teori tersebut menjelaskan keterkaitan antara media dan komunikasi. Dapat disimpulkan bahwa departemen kreatif salah satu yang terpenting dalam program acara Stand Up Comedy Academy, pada tahapan pra produksi departemen kreatif mengikuti brainstorming untuk pengembangan dan pemahaman ide, melakukan in-depth, membuat breakdown/ rundown/ script dan test materi. Saat produksi berlangsung departemen kreatif mendampingi kru dan artis untuk mengarahkan sesuai dengan rundown yang telah dibuat. Saat paska produksi departemen kreatif bertugas untuk melakukan evaluasi bersama dengan produser dan host.

Penulis :
WINDA SARI LUARTOWO ( 201358118 )

Download:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *