Deskripsi :

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Duri Kepa 03 yaitu terdapat siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal matematika yang ditunjukkan dari hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Dari 32 siswa, hanya terdapat 8 siswa yang mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum (KKM), sedangkan 24 siswa lainnya belum dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hal tersebut terjadi karena guru hanya melakukan ceramah dengan menggunakan cara pohon faktor dalam pembelajaran sehingga tidak menimbulkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan alat peraga dakota, karena dengan menggunakan alat peraga dakota siswa dapat ikut terlibat aktif dan dapat membantu siswa yang kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan alat peraga dakota. Hasil penelitian menunjukkan adanya hasil belajar yang meningkat, yaitu pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 48,39%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,65%

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Emalia Karti, Alberth Supriyanto Manurung

Download :