Publish : Desember 2019

Deskripsi :

Fenomena pembelian secara online shopping kini telah memudahkan para
mahasiswi dalam membeli produk atau jasa yang diinginkan. Dalam keadaan tersebut, adanya fasilitas kemudahan yang diberikan online shopping, menyebabkan para mahasiswi membeli secara spontan, segera, reflektif atau yang dikenal dengan perilaku impulsive buying. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku impulsive buying adalah tipe kepribadian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap impulsive buying pada mahasiswi Psikologi Universitas Esa Unggul yang melakukan pembelian secara online shopping.
Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif kausalitas, teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Psikologi kelas reguler yang berstatus aktif, angkatan 2014, 2015 dan 2016 Universitas Esa Unggul – Jakarta Barat sebanyak 84 mahasiswi.

Alat ukur tipe kepribadian yang valid sebanyak 26 item dengan nilai koefisien reliabilitas (? = 0.907) dan alat ukur impulsive buying yang valid sebanyak 47 aitem dengan nilai koefisien reliabilitas (? = 0.941). Hasil One Way ANOVA penelitian menunjukkan nilai sig. sebesar 0.849 (p > 0.05), artinya tidak ada pengaruh yang signifikan dari tipe kepribadian terhadap impulsive buying pada mahasiswi Psikologi Universitas Esa Unggul yang melakukan pembelian secara online shopping.

Universitas Esa Unggul 

Penulis :

Atikah Hadyan, Sulis Mariyanti, Safitri M.

Download :