Pengaruh Perubahan Nilai Tukar US Dolar dan Biaya Promosi terhadap Penjualan Bersih, Harga Pokok Penjualan dan Profit pada PT. Mayora Indah Tbk.

Deskripsi:
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda dengan didukung oleh data perusahaan yang berupa penjualan bersih, harga pokok penjualan, profit, biaya promosi serta rata-rata kurs US dolar. Dari hasil analisis regresi kurs US dolar dan biaya promosi terhadap penjualan bersih diperoleh persamaan regresi Y1=68795,425+35,098 (X1)+7,512 (X2) dengan angka P-Value sebesar 0,245 untuk penjualan bersih, 0,015 untuk kurs US dolar, 0,000 untuk biaya promosi. Hal ini menunjukan bahwa kurs US dolar dan biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap penjualan bersih. Dari hasil analisis regresi kurs US dolar dan biaya promosi terhadap harga pokok penjualan diperoleh persamaan regresi Y2=59415,869+24,306 (X1)+5,856 (X2) dengan angka P-Value sebesar 0,136 untuk harga pokok penjualan, 0,011 untuk kurs US dolar, 0,000 untuk biaya promosi. Hal ini menunjukan bahwa kurs US dolar dan biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap harga pokok penjualan. Dari hasil analisis regresi kurs US dolar dan biaya promosi terhadap profit diperoleh persamaan regresi Y3=9379,556+10,792 (X1)+1,656 (X2) dengan angka PValue sebesar 0,663 untuk profit, 0,037 untuk kurs US dolar, 0,000 untuk biaya promosi. Hal ini menunjukan bahwa kurs US dolar dan biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap profit. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa naiknya kurs US dolar membawa dampak terhadap kenaikkan penjualan bersih, harga pokok penjualan dan juga profit, apabila biaya promosi naik maka terjadi kenaikkan terhadap penjualan bersih, harga pokok penjualan dan juga profit.

Penulis :
MULYANIH ( 2001-11-301 )

Download: