Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul




Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul

Deskripsi:
Dewasa ini banyak sekali terjadi pengangguran, bukan hanya siswa SMK atau SMU bahkan kalangan mahasiswa banyak yang menjadi pengangguran. Untuk melihat kompetensi yang dimiliki para lulusan perguruan tinggi, seringkali prestasi akademik (IPK) dijadikan tolok ukur. Prestasi akademis dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang menyebabkan naik atau turunnya prestasi yaitu konsep diri. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin menguji pengaruh konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa/i fakultas Psikologi UEU. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif korelasional, dengan mengunakan teknik korelasi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa UEU. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa kuesioner yang disusun berdasarkan teori yang di kemukakan oleh Stuart dan Sudeen (1991) untuk konsep diri dan untuk IPK peneliti meminta data dari BAA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa UEU cenderung yang memiliki konsep diri yang positif dan IPK yang tergolong rendah. Analisis dengan mengunakan korelasi Gamma diperoleh nilai korelasi sebesar 0, 817 dengan sig = 0,000<0,05. Dengan demikian terdapat hubungan yang positif tinggi dan signifikan antara konsep diri dan IPK yang berarti bahwa semakin positif konsep diri semakin tinggi prestasi akademiknya mahasiswa dan sebaliknya. Penulis:
HELEN NOVITA ( 2005-71-084 )

Kontributor:
Dra. SulisMariyanti, Psi, M.Si
Dra. Safitri, M.Si

Download:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *