Selamat kepada Rio Rizki Pratama, Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Esa Unggul lolos sebagai Finalis  “Coral Reef Ambassador Competition 2013/2014”. 

Kompetisi  yang diselenggarakan oleh Kementerian Kehutanan RI bekerjasama dengan Indonesia Global Compact Network (IGCN),  Pulau Umang Resort dan Matoa Albarits  merupakan salah satu upaya penyelamatan terumbu karang dan menjaga kelangsungan hidup para nelayan sekitar Taman Nasional Ujung Kulon.

Artikel  ” KONDISI TERUMBU KARANG INDONESIA  ” oleh Rio Rizki Pratama

Indonesia dalah negara kepulauan terbesar di dunia, yang memiliki 18.110 pulau dengan garis pantai sepanjang 108.000 km. Berdasarkan Konvensi Hukum Laut (UNCLOS) 1982, Indonesia memiliki kedaulatan atas wilayah perairan seluas 3,2 juta km2 yang terdiri dari perairan kepulauan seluas 2,9 juta km2 dan laut teritorial seluas 0,3 juta km2 dengan hak eksklusif untuk memanfaatkan sumber daya kelautan seluas 2,7 km2 pada perairan ZEE. Laut Indonesia memiliki kecantikan dan keindahan serta keanekaragaman kehidupan bawah laut dari kepulauan Indonesia yang membentang luas di cakrawala khatulistiwa, masih banyak menyimpan misteri dan tantangan terhadap potensinya. Salah satu dari potensi tersebut atau sumberdaya hayati yang tak ternilai harganya dari segi ekonomi atau ekologinya adalah sumberdaya terumbu karang. Jika dikaitkan dengan pengembangan wisata bahari, maka keberadaan terumbu karang jelas mempunyai andil yang sangat besar. Karena, keberadaannya sangat penting dalam pengembangan berbagai sektor termasuk sektor pariwisata.

Read more   http://matoa.org/kondisi-terumbu-karang-indonesia-2/