Ligamahasiswa.co.id – Tim putra Universitas Esa Unggul keluar sebagai juara 1 di Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference LIMA Basketball Season 3 setelah mengalahkan Perbanas dengan skor 66-63 dalam laga yang digelar di GOR Rawamangun, Minggu (11/1). Di kuarter awal penonton disuguhkan tembakan-tembakan three points dari kedua tim. Rahul Tamara Putra menjadi shooter andalan Perbanas dalam mengeksekusi tembakan three points. Sementara dari UEU, Ferry Pangihutan seolah tidak ingin kalah dari Perbanas juga berulang kali sukses melakukan tembakan on three. Di kuarter awal skor terus imbang mulai dari 16-16, 19-19, hingga 21-21. UEU baru bisa menjaga jarak poin jauh di kuarter ketiga dengan unggul 53-49. Memasuki kuarter terakhir Perbanas bisa menempel ketat poin UEU. Namun, UEU berhasil menang dan keluar sebagai juara.

“Hari ini anak-anak mainnya bagus dan good defense makanya kita bisa raih kemenangan,” ungkap Dewah Wiratno kapten tim UEU. Dewah juga berharap timnya terus konsisten agar bisa meraih juara di LIMA National Basketball tahun ini.

UEU juga meraih penghargaan lewat Grahita Abraham Damar yang meraih Most Valuable Players (MVP) putra. Sedangkan dari tim putri pemain UPH Rohtiastari yang meraih gelar MVP.

Dari kubu putri pertandingan perebutan juara 1 Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference LIMA Basketball Season 3 antara UPH dan UEU berlangsung ketat dan menegangkan. Ini merupakan partai ulangan, di mana saat seri 2 pada November lalu kedua tim pernah bertemu dan dimenangkan oleh UEU dengan skor 68-58. Di laga hari ini UPH sukses balaskan kekalahan dengan menang 63-60. UPH “eagles” sempat unggul jauh di kuarter awal dengan 20-10. Dengan determinasi yang tinggi, UEU perlahan mengejar poin demi poin. Di kuarter kedua UEU menempel ketat UPH dengan selisih satu poin, 27-28. Sang kapten UEU Sari Dewi Fitryana tampil dengan stamina yang luar biasa dengan berulang kali melakukan intercept lalu sprint. Sari Dewi dan Yosiana Rosemary kompak menyumbang 14 angka untuk timnya. Tertinggal 44-46 UEU akhirnya bisa menyamakan kedudukan 51-51dan berbalik unggul di half time kuarter keempat dengan 54-53 lewat tembakan three points dari Sari Dewi.

Ketinggalan angka dari UEU tidak membuat konsentrasi tim UPH berkurang. UPH terus menyerang untuk bisa unggul kembali. Keberuntungan berada di pihak UPH, di 15 detik terakhir the eagles mendapatkan free throw. 60-63. Di satu detik terakhir UEU mencoba tembakan three point lewat Yosiana Rosemary untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, tembakan itu gagal dan skor tetap tidak berubah. UPH keluar sebagai pemenang.

Berikut hasil pertandingan final playoffs Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference LIMA Basketball, Minggu (11/1):

  1. Untar vs Perbanas (putri) : 40-61 (Juara 3)
  2. UPH vs Unsada (putra): 76-73 (Juara 3)
  3. UPH vs UEU (putri): 63-60 (Juara 1)
  4. UEU vs Perbanas (putra): 66-63 (Juara 1)

 

Sumber lain :

http://www.ligamahasiswa.co.id/esa-unggul-putra-dan-uph-putri-juara-pertama-air-minera-prim-greater-jakarta-conference-lima-basketball-season-3/