Jenis Lead Dan Jenis Ending Berita Pada Rubrik Movie Di Media Online Showbiz Indonesia Periode Januari – Maret 2016




Jenis Lead Dan Jenis Ending Berita Pada Rubrik Movie Di Media Online Showbiz Indonesia Periode Januari – Maret 2016

Deskripsi:
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui jenis lead dan jenis ending berita yang digunakan di media online Showbiz Indonesia, khususnya pada rubrik Movie periode Januari-Maret 2016. Metode yang digunakan adalah analisi isi dengan unit analisis paragraf. Penulis menggunakan data berupa berita yang terbit di situs remsi Showbiz Indonesia, yakni http://showbizindonesia.com. Berdasarkan hasil penelitian, dari 74 berita di Showbiz Indonesia pada rubrik Movie periode Januari-Maret 2016, didapatkan hampir sebagian (47,30%) berita yang menggunakan jenis lead apa (what lead), dan (44,60%) berita menggunakan jenis penutup (ending) ringkasan. Dari hasil yang ada, penulis menyarankan agar jenis lead yang digunakan dalam pemberitaan Showbiz Indonesia ke depannya harus lebih beragam dan variasi, kemudian untuk jenis ending berita harus lebih ditegaskan dan dikonsistenkan lagi.

Penulis:
RIKO SANJAYA ( 201353023 )

Download:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *