Deskripsi :

Penguatan pendidikan merupakan salah satu upaya intervensi gizi sensitif yang dapat mengatasi 18 masalah gizi dan kesehatan (G&K) pada anak. Tingkat pendidikan ayah atau ibu yang lebih 19 berperan dalam G&K anak sekolah menjadi perhatian menarik di penelitian ini. Tujuan penelitian 20 ini ialah untuk menguji hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan status gizi anak 21 sekolah di setting pedesaan. Penelitian potong lintang dengan menggunakan sub sampel (n=212 22 dari total 330) Projek GISEL. Kuesioner terstruktur digunakan untuk mengumpulkan data tingkat 23 pendidikan orang tua, umur, jumlah anak, dan pengetahuan gizi. Timbangan digital dan microtoise 24 secara berurutan untuk mengukur berat dan tinggi badan. Aplikasi WHO Antroplus digunakan 25 untuk menghasilkan indeks TB/U (Tinggi Badan menurut Umur) dan IMT/U (Indeks Massa Tubuh 26 menurut Umur) . Untuk menjawab pertanyaan penelitian dan mendapatkan hasil terkontrol, 27 dilakukan uji regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa anak dari ibu berpendidikan <9 28 tahun cenderung secara bermakna memiliki skor IMT/U 0,800 (95% CI = -1,451; -0,149) lebih 29 rendah dibandingkan anak dari ibu berpendidikan >9 tahun. Tingkat pendidikan ibu berhubungan 30 dengan G&K anak sekolah.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

  • DUDUNG ANGKASA, S.Gz,M.Gizi
  • NADIYAH, S.Gz, M.Si

Download :