Publish : Desember 2019

Deskripsi :

Mahasiswa dengan kecerdasan emosional yang tinggi memiliki kecenderungan memiliki prestasi belajar yang tinggi, sedangkan mahasiswa dengan kecerdasan emosional yang rendah memiliki prestasi belajar yang rendah. Namun pada kenyataannya tidak selalu mahasiswa dengan kecerdasan emosional yang tinggi memiliki prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada mahasiswa/i reguler di Universitas Esa Unggul. Desain panelitian yang digunakan adalah korelasional. Sampel penelitian ini adalah adalah seluruh mahasiswa reguler yang aktif di Universitas Esa Unggul Jakarta pada angkatan 2007 s/d 2009, terdiri dari 9 Fakultas dan 20 jurusan.

Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, dengan 27 item yang valid dan reliabilitas 0.935, sedangkan prestasi belajar diperoleh berdasarkan dari nilai IPK. Pengolahan data menunjukan bahwa korelasi kecerdasan emosi dengan prestasi belajar diperoleh nilai r = 0,085 dan p = 0,552, artinya bahwa hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa Universitas Esa Unggul memiliki korelasi positif sangat lemah dan tidak signifikan. Artinya kecerdasan emosional yang tinggi atau rendah tidak selalu berhubungan dengan prestasi belajar. Tingkat kecerdasan emosional mahasiswa/i reguler Universitas Esa Unggul cenderung tinggi (56,3%), dan tingkat prestasi belajar mahasiswa/i reguler Universitas Esa Unggul cenderung sedang (45,1%).

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Panji Muhammad Dawud

Download :