Publish : Desember 2019

Deskripsi :

Mahasiswa baru di hadapkan dengan berbagai tuntutan, yaitu tuntutan akademik dan tuntutan sosial. Lingkungan kampus merupakan lingkungan sosial baru yang harus mereka jalani dengan tuntutan yang lebih
tinggi. Agar mahasiswa baru dapat memenuhi tuntutan lingkungan tersebut, maka diperlukan untuk mengatur dan mengelola emosi. Pengelolaan emosi dapat membentuk kecerdasan emosional untuk membantu mahasiswa dalam melakukan penyesuaian sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial pada mahasiswa baru Universita Esa Unggul angkatan 2014.

Penelitian ini bersifat kuantitatif non-eksperimental, dengan jumlah sampel sebesar 130 mahasiswa, menggunakan teknik probability sampling. Dalam penelitian ini alat ukur yg digunakan yaitu dengan mengadaptasi alat ukur dari penelitian sebelumnya dengan uji validitas yang sudah dilakukan diperoleh 49 item dan 48 item dengan nilai reliabilitas 0,962 dan 0,981 untuk variabel penyesuaian sosial dan kecerdasan emosional.

Berdasarkan hasil uji statistik, diperoleh nilai sig. 0,000 (p<0.05) dengan korelasi (r) sebesar 0.919, artinya terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial pada mahasiswa baru
Universita Esa Unggul angkatan 2014.

Universitas Esa Unggul

Penulis : 

Khairunnisa Nurbaiti, Yuli Asmi Rozali

Download :