Deskripsi :

Salah satu bentuk tugas kuliah yang menuntut mahasiswa mampu berkomunikasi adalah tugas presentasi. Faktor yang perlu dimiliki oleh mahasiswa saat presentasi diantaranya adalah self efficacy yang dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi kesulitan saat presentasi dan membantu mahasiswa menghadapi tekanan berupa cemas saat presentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan kecemasan saat presentasi pada mahasiswa, mengetahui tingkat tinggi atau rendah self efficacy pada mahasiswa Universitas Esa Unggul, dan mengetahui tingkat tinggi atau rendah kecemasan pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Penelitian ini bersifat kuantitatif korelational non-eksperimental. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah proportionate random sampling, dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,589 dengan sig 0,000 (p < 0,05), artinya ada hubungan negatif signifikan antara self efficacy dengan kecemasan saat presentasi pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Mahasiswa yang memiliki self efficacy tingkat tinggi lebih banyak bila dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki tingkat self efficacy rendah. Sedangkan pada mahasiswa yang memiliki kecemasan tingkat rendah lebih banyak bila dibandingkan dengan mahasiswa tingkat tinggi.

Penulis :

Winda Septa Riani

Download :

HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN KECEMASAN SAAT