Deskripsi:

Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian, khusunya kemampuan verbal di universitas. Salah satu tugas untuk mengembangkan kemampuan verbal adalah tugas presentasi. Namun masih ada mahasiswa yang mengalami kecemasan tinggi saat berbicara di depan kelas, padahal keterampilan berbicara secara lisan dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan. Kecemasan yang dialami mahasiswa ini diduga dipengaruhi oleh konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan kecemasan berbicara di depan kelas pada mahasiswa. Penelitian menggunakan menggunakan metode korelasional non-eksperimental dengan teknik pengambilan sampel probability sampling berjenis proportionate stratified random sampling. Sampel dalam penelitian adalah 180 mahasiswa reguler aktif Universitas Esa Unggul Jakarta angkatan 2012-2014 tahun ajaran 2015/2016. Skala konsep diri yang digunakan dimodifikasi dari Tennessee Self-Concept Scale (TSCS) milik W. H. Fitts dengan reliabilitas (rxx)=0,945. Sedangkan skala kecemasan berbicara di depan kelas disusun berdasarkan teori respons kecemasan berbicara di depan umum milik Lang dengan reliabilitas sebesar (rxx)=0,949. Berdasarkan analisis data dengan teknik korelasi Pearson Product Moment diperoleh nilai koefisian korelasi r=-0,353 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya, hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu ada hubungan negatif antara konsep diri dan kecemasan berbicara di depan kelas pada mahasiswa Universitas Esa Unggul Jakarta.

Penulis :

Violla (2012-71-073)

Download :