Hasil Tracer Study UEU: Hampir 80 % Lulusan Universitas Esa Unggul Langsung Bekerja

Hasil Tracer Study UEU: Hampir 80 % Lulusan Universitas Esa Unggul Langsung Bekerja

Esaunggul.ac.id, Dalam hasil Tracer Study yang telah dilakukan oleh Biro Konseling dan Alumni (BKAL) menemukan Sebesar 77,7% lulusan Universitas Esa Unggul sudah memperoleh pekerjaan. Penelitian ini dilakukan kepada lulusan D3,D4, S1 dan S2 Universitas Esa Unggul. Kepala Biro Konseling dan Alumni Universitas Esa Unggul, Devi Rulianti Latif, S.I.Kom mengatakan hasil perolehan ini didapatkan dari 945 responden yang berhasil di hubungi.

Dalam pemaparanya, Devi melanjutkan Sebanyak 37% lulusan mencari kerja sebelum wisuda, sedangkan 45,50% mencari pekerjaan setelah Wisuda dan sisanya tidak mencari pekerjaan memiliki persentase sebesar 17,5%.

“Adapun data dari alasan para lulusan UEU tidak mencari pekerjaan dikarenakan 63.9% mengatakan mereka telah memperoleh pekerjaan sebelum mereka lulus, dan alasan yang memiliki presentasi terkecil ialah alasan memulai bisnis sendiri” dengan nilai persentase 5,8%,” tutur Devi, dalam Seminar sosialisasi Kegiatan Studi Pelacakan Alumni dan Survei Penggunaan Lulusan di Perguruan Tinggi, Rabu (03/07).

Devi pun mengungkapkan terdapat perbedaan dari penyerapan lulusan UEU, hal ini didasarkan kepada konsentrasi keilmuan yang didapatkan selama mengenyam pendidikan di Universitas Esa Unggul. ” Berdasarkan hasil tracer Study, bahwa lulusan Universitas Esa Unggul memiliki waktu untuk memperoleh pekerjaan yang cukup cepat yaitu 1 bulan sebelum wisuda. Untuk lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Psikologi memiliki waktu untuk memperoleh pekerjaan yang lebih cepat yaitu 3 bulan sebelum wisuda,” ucapnya.

Dirinya pun berharap dari hasil Tracer Study yang telah dilakukan dapat berguna sebagai langkah perbaikan kampus agar mampu melihat bagaimana para lulusanya berkiprah di sejumlah bidang. ” Mudah-mudahan ini menjadi momentum bagi kita untuk dapat berbenah dan mengembangkan potensi para lulusan dengan meningkatkan Skill yang tentunya sesuai dengan kebutuhan pasar dan yang menjadi tujuan kita bagimana lulusan tidak lagi hanya mencari pekerjaan namun mampu membuat lapangan pekerjaanya senidri dengan menjadi Enterpreneur,” tutupnya.

Universitas Esa Unggul menggelar Seminar terkait “ Sosialisasi Kegiatan Studi Pelacakan Alumni dan Survei Penggunaan Lulusan di Perguruan Tinggi”. yang dilaksanakan di Ruang 207, Rabu (03/07/2019). Dalam Seminar tersebut pembicara yang dihadirkan yakni Kasubdit Pengembangan Karir Alumni/ Kepala CDC UI, Dr.drg. Sandra Fikawati, MPH. dan Devi R. Latif, S.I.Kom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *