Gerakan Literasi Sains Bagi Guru Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SDN Duri Kepa 17 PAGI Dan SDN Jelambar Baru 01 PAGI

Gerakan Literasi Sains Bagi Guru Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SDN Duri Kepa 17 PAGI Dan SDN Jelambar Baru 01 PAGI

Gerakan Literasi Sains Bagi Guru Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SDN Duri Kepa 17 PAGI Dan SDN Jelambar Baru 01 PAGI

Deskripsi:

SDN Duri Kepa 17 Pagi dan SDN Jelambar 01 Pagi merupakan sekolah rekomendasi Sudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat kepada FKIP UEU, -permasalahan yang telah diidentifikasi, pada pengembangan gerakan literasi sains bagi guru (a) Guru tidak mendapatkan pengembangan nilai-nilai kemampuan pedagogik setelah lulus dari pendidikan (b) dalam praktek pembelajaran mengalami kesulitan dalam interaksi pembelajaran di kelas dengan siswa, (c) kurang memiliki pengembangan kemampuan mengajar yang masih kurang memadai, (d) tidak mendapatkan pembekalan nilai-nilai pedagogik sebagai kemampuan dasar dalam interaksi edukatif terhadap siswa, dan juga untuk kemampuan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka solusi yang diajukan adalah melakukan pendampingan. Gerakan Literasi Sains kepada guru. Metode yang digunakan adalah (a) sosialisasi, pelatihan, evaluasi diri, , eksplorasi, simulasi, dokumentasi, diskusi pertemanan, pemetaan dan praktek. Target luaran yang akan dicapai adalah: (a) Jasa pelatihan dan pendampingan pengetahuan hingga kepada terbentuknya kompetensi (b) Produk : Lembar kerja, Jurnal Pertemanan, (c) HaKI, (d) Publikasi pada Jurnal Abdimas Universitas Esa Unggul, (e) Publikasi pada repository Universitas Esa Unggul (f) Publikasi pada Proceeding SNIPMD 2018 FKIP UEU. Hasil dari pengukuran menunjukkan peningkatan literasi sains, (a) Adanya dukungan dari sekolah mitra dalam pelaksanaan program abdimas. (b) Terdapat peningkatan pemahaman literasi sains dalam pembelajaran, (c) Terdapat peningkatan keterampilan dalam penyususnan RPP dalam pelaksanaan literasi sains, (d) Terdapat peningkatan kemampuan implementasi literasi sains dalam pembelajaran, (d) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan litersai sains dalam pembelajaran.

Penulis:

  1. Harlinda Syofyan
  2. Khusnul Fathonah
  3. Vebryanti
  4. Ibnu Ajisaputra
  5. Melinda Tesalonika
  6. Fikri Haikal
  7. Widiana
  8. Weni Nadya Pratiwi

Download:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *