Generasi Keren Generasi yang Bebas Tuberkolusis

Generasi Keren Generasi yang Bebas Tuberkolusis

Foto Bersama Rektor, Walikota bersama Duta Pencegahan Tuberkulosis

Esaunggul.ac.id, Masih meningkatnya angka kematian akibat Tuberkolusis di DKI Jakarta, membuat Pemerintah DKI terutama Pemkot mendorong penanggulangan penyakit tersebut kepada masyarakat Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan yakni mengajak Generasi muda untuk turut aktif menanggulangi TBC di Masyarakat. Hal ini terlihat lewat Deklarasi komitmen Bersama Penaggulangan Tuberkolusis yang digelar berkat kerjasama antara Fakultas Ilmu Kesehatan UEU dan Dinas Kesehatan Jakarta Barat.

Hadir dalam Deklarasi komitmen Bersama tersebut yakni Walikota Jakarta Barat, Rustam Effendi dan Rektor Universitas Esa Unggul, Dr.Ir. Arief Kusuma, M.B.A. Rustam Effendi dalam sambutannya mengatakan harus ada kolaborasi yang serius antara pendidikan tinggi dan pemerintah dalam menanggulangi permasalahan di masyarakat. Dalam hal ini, permasalahan yang disoroti yakni penyebaran Tuberkulosis di Jakarta Barat.

“Indonesia menjadi negara ketiga terbesar penyebaran Tuberkolusis di Dunia, Setalah India dan China, ini menjadi pekerjaan kita untuk saling bahu membahu menyelesaikan permasalahan ini. Masyarakat dari berbagai kalangan harus memainkan peran mereka, nah salah satunya dari kalangan akademisi pendidikan kita ajak untuk berbagi peran untuk menggalakan masalah Tuberkulosis Indonesia,” terang Rustam, di Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat, beberapa waktu yang lalu.

Penyematan Tanda Kepada Duta UEU

Untuk itu, dalam Deklarasi ini, Rustam melanjutkan diadakan pelantikan duta pencegahan penyakit Tuberkulosis kepada tujuh orang mahasiswa Esa Unggul. Pelantikan ini menjadi momentum untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan lingkungan yang dimulai dari anak muda, karena maenurutnya anak muda khususnya mahasiswa merupakan agen perubahan yang perannya sangat penting di masyarakat. “Saya yakin duta-duta yang terpilih dalam deklarasi akan menjalankan fungsinya sesuai janji integritas yang sudah dibaca, saya mendorong kepada adik-adik turut aktif menanggulangi penyakit Tuberkulosis ini khususnya di Jakarta Barat,” ucapnya.

Proses Penandatanganan Deklarasi Komitmen Bersama

Rustam pun menambahkan meskipun sudah dilantik duta-duta pencegahan Tuberkulosis,peran perguruan Tinggi terutama Universitas Esa Unggul tidak berhenti sampai di situ saja, dirinya pun menyarankan agar Pengabdian Masyarakat yang selama ini digalakan oleh Universitas Esa Unggul agar melakukan langkah preventif terkait penanggulangan Tuberkulosis.

Suasana Saat Pembukaan

Senada dengan Walikota Jakarta Barat, Rektor Universitas Esa Unggul Dr.Ir. Arief Kusuma, M.B.A mengatakan kedepannya Universitas Esa Unggul akan menyasar Pengabdian Masyarakat kepada penanggulangan penyakit TBC khususnya di wilayah Jakarta Barat. “Kami Universitas Esa Unggul, berkomitmen untuk menjalankan Deklarasi Komitmen penaggulangan ini salah satunya dengan menggalakan Pengabdian Masyarakat, diharapkan ini menjadi salah satu solusi menekan angka kematian akibat TBC di lingkungan Jakarta Barat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *