Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli Rumah Cluster di Kawasan Jakarta Selatan (Studi Kasus Pembangunan PT. FIM JASA EKATAMA di Jakarta)




Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli Rumah Cluster di Kawasan Jakarta Selatan (Studi Kasus Pembangunan PT. FIM JASA EKATAMA di Jakarta)

Deskripsi:
Perumahan cluster adalah salah satu tipe perumahan yang saat ini banyak diminati para konsumen. Target pasar dari perumahan ini adalah konsumen dari kalangan menengah ke atas. Salah satu pengembang perumahan cluster di kawasan Jakarta Selatan adalah PT. Fim Jasa Ekatama yang hadir dengan menawarkan konsep berbeda yaitu free design modern tropis. Dengan melihat lokasi serta kualitas perumahan itu sendiri maka tidak heran jika harga yang ditawarkan oleh pengembang ini pun tergolong kompetitif dengan pesaing-pesaingnya. Walau dilengkapi dengan berbagai kelebihan, ternyata penjualan perumahan cluster PT. Fim Jasa Ekatama tidak begitu mendapat respon baik dari pasar yang dapat dilihat dari ketidaksesuaian antara target dan tingkat penjualan di lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lokasi, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen rumah cluster di kawasan Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kuantitatif dengan desain analitik korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 konsumen rumah tipe cluster proyek pembangunan PT. Fim Jasa Ekatama di kawasan Jakarta Selatan. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakaan analisis regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama faktor lokasi, kualitas produk, dan harga memberikan pengaruh 72.9% terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel lokasi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,327 (>0,05), kualitas produk memiliki nilai signifikansi sebesar 0,415 (>0,05), dan harga memiliki nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Hal ini menujukkan bahwa lokasi dan kualitas produk secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga memiliki pengaruh yang signifikan. Faktor harga memberikan pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian rumah cluster proyek pembangunan PT. Fim Jasa Ekatama di kawasan Jakarta Selatan. Penulis :
AKIDAH ( 201311273 )

Download:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *