Esa Unggul Wujudkan Generasi Berkarakter di Ponpes Al-Mansyuriyah

Esa Unggul Wujudkan Generasi Berkarakter di Ponpes Al-Mansyuriyah




Foto Bersama Saat Kunjungan Ke Pondok Pesantren Al-Mansyuriah

Foto Bersama Saat Kunjungan Ke Pondok Pesantren Al-Mansyuriah

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Universitas Esa Unggul mengadakan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) ke Pondok Pesantren Al-Mansyuriyah yang terletak di Kabupaten Tanggerang Banten. P2M ini dilakukan oleh sejumlah sivitas akademika Esa Unggul baik dosen maupun mahasiswa dari berbagai fakultas. Sivitas akademika adalah masyarakat akademik yang terdiri atas dosen dan mahasiswa. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

P2M Universitas Esa Unggul ke Pondok Pesantren Al-Mansyuriyah dimaksudkan untuk menyebarluaskan ilmu (informasi) terkini kepada segenap santri serta berbagi pengalaman dengan para pengurus Ponpes Al-Mansyuriah, baik dalam hal akademik maupun non-akademik. Salah satu peserta P2M Esa Unggul, Dr.Joko Widarto mengatakan P2M yang dilakukan tersebut merupakan langkah Esa Unggul untuk menjalankan salah satu butir kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat sebagaiman dimaksud UU No.12 tahun 2012 tentang pendidikan Tinggi.

“Dalam rangka menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi yakni melalui pengabdian kepada masyarakat, Universitas Esa Unggul mengadakan P2M ke Ponpes Al-Mansyuriyah. Dalam P2M ini tema yang di pilih ialah Esa Unggul Goes To Pesantren “Menuju insan pesantren Berkarakter,” tutur Joko Widarto Di Esa Unggul, beberapa waktu yang lalu.

Suasana Saat Penyuluhan Pengabdian Masyarakat di Ponpes Al-Mansyuriah

Suasana Saat Penyuluhan Pengabdian Masyarakat di Ponpes Al-Mansyuriah

Dipilihnya tema “menuju insan Pesantren berkarakter”, joko menerangkan Esa Unggul sebagai institusi pendidikan berkewajiban untuk mencetak para generasi muda yang memiliki karakter agar tidak tergerus oleh arus moderenisasi yang semakin menghilangkan jati diri anak-anak muda Indonesia.

Untuk itu pendidikan Karakter harus dimulai sedari dini salah satunya dapat dimulai dari jenjang Pesantren. Meskipun, Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang dikhususkan mempelajari agama namun karakter kebangsaan serta keindonesiaan tetap melekat pada instansi pondok Pesantren. “Untuk itu penting sekali Pesantren menjaga karakter para generasi mudanya yakni santri-santrinya agar tidak tergerus oleh moderenitas yang semakin mengkhawtirkan,” terangnya.

Dirinya pun berharap dari P2M yang dilakukan oleh Universitas Esa Unggul dapat memberikan manfaat terhadap kemajuan Pesantren untuk mendidik para santrinya menjadi Insan yang berkulitas dan berkarakter di masa depan.

“Mudah-mudahan P2M oleh segenap sivitas Esa Unggul ke Pondok Pesantren Al-Mansyuriah dapat membantu Lembaga Pendidikan ini mengembangkan pendidikan karakter terhadap santri-santrinya,” tutupnya.

Persiapan P2M (Pengabdian Pada Masyarakat) ini dimulai pada awal Desember 2017 oleh Erwan Baharudin, S.Sos, M.Si (Dosen Fikom) dan Ernawati, SHI, MH (Dosen FH).dan baru terlaksana pada tanggal 20 Januari 2018. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di tiga lokasi, yaitu di Aula Pesantren, Masjid, dan Kelas. Materi penyuluhan yang disampaikan ini didasarkan atas analisis situasi di Pondok Pesantren Al Mansyuriyah dan berdasarkan permintaan kebutuhan materi yang diinginkan oleh pihak Pondok Pesantren dalam rangka menuju harapan yang diinginkan.

Tim P2M ini diketuai oleh Ernawati, SHI, MH dari Fakultas Hukum didampingi oleh Dr. Joko Widarto sebagai wakil ketuanya serta para  dosen dan perwakilan dari mahasiswa. Para dosen tersebut yaitu: Henry Arianto, SH, MH (FH), Fitria Olivia, SH, MH (FH), Elok Hikmawati, SH, MM (FH), Nurhayani, SH, MH (FH), Rizka Amelia Aziz, SH, MH (FH), Dr. Fajarina, S.I.P, M.Si (Fikom), Dr. Ummanah, S.Sos, M.Si (Fikom), Erwan Baharudin, S.Sos, M.Si (Fikom), Heriyanti, ST, M.Ikom (Fikom), Yumeldasari, S.Sos, M.Si (Fikom), Andi Rina Hatta, M.Psi, Psikolog, Srifianti, M.Si, Psikolog, Lista Meria, S.Kom, MM (FEB), Ir. Ritta Setiyati, MM (FEB), Novera Kristianti Maharani, SE, M.Ak, Ak. Ca (FEB), Nugroho Budhisantosa, ST, MMSI (Fasilkom), Cindy Putri Utami, Estheria, Danil Firman, Bani Hafidz Dzuhri, Ahmad Widiyan (mahasiswa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *