Deskripsi :

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai Employee Engagement pada PT PJB

di Surabaya Jawa Timur Indonesia agar kemudian informasi dalam penelitian ini dapat digunakan oleh pihak Direksi dan Manajemen untuk mengembangkan budaya kerja yang dapat  mendorong produktivitas karyawan. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif non eksperimental/EPF. Subjek penelitian ini adalah karyawan PT PJB yang berstatus pegawai tetap, tidak dalam tugas karya, dan telah bekerja di PT PJB minimal selama 1 tahun. Terdapat 10 indikator Engegament yang diukur dalam penelitian yakni Reputasi Budaya (RB), Manajemen Karir (MKa), Manajemen Kinerja (Mki), Rekognisi Penghargaan (R), Lingkungan Kerja (LK), Kompensasi Benefit (KB), Kepemimpinan (K), Kerjasama Tim (KT), Pengembangan Karyawan (PK), dan Nilai Kerja (NK). Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan menggunakan dua skala yakni Skala Kepuasan dan Skala Kepentingan dimana  penjumlahan  distribusi  skor  skala  kepuasan  dan  kepentingan  akan  didefinisikan  sebagai indeks engagement. Hasil distribusi frekuensi menunjukkan indeks presentasi Kepuasan dan Engagament pada PT PJB masing-masing sebesar 77.2 % dan 82.5 %. Organisasi dimana faktor yang dianggap  paling  besar  persentasinya dalam mendorong tingkat kepuasan  dan  engagement  adalah faktor kerjasama tim masing-masing untuk skala kepuasan adalah sebesar 85 % dan skala engagement adalah sebesar 82 %. Hasil uji regresi serentak menunjukkan model dan parameter signifikan dengan

model sebagai berikut IKK = 74,690 + 0,011 RB + 0,060 MKa – 0,023 MKi + 0,013 RP + 0,001 LK –

0,013 KB + 0,0001 KP + 0,046 KT – 0,007 PK + 0,011 NK. Dapat disimpulkan bahwa setiap 1%

kenaikan kepuasan pada indikator Manajemen Karir akan menambah tingkat engagement sebesar

0,06% dan setiap 1% kenaikan kepuasan pada indikator Kerjasama Tim akan menambah tingkat

engagement sebesar 0,046%.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Arbania Fitriani

Download :