Deskripsi :
Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kecemasan sosial pada remaja tunarungu melalui psikoedukasi keterampilan sosial. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment One qroup Pretest-Posttest design dengan intervensi psikoedukasi keterampilan sosial. Sample penelitian ini adalah 6 (enam) orang siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling melalui tahapan observasi serta wawancara langsung baik kepada siswa maupun guru kelas yang berada di SMA Karya Mulia Surabaya.
Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan uji mann whitney test dan hasilnya adalah Z = – 2,741 dengan taraf signifikansi 0,006 artinya menunjukkan adanya perbedaan skor kecemasan sosial yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian psikoedukasi keterampilan sosial. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa psikoedukasi keterampilan sosial efektif menurunkan kecemasan sosial pada remaja tunarungu.
Universitas Esa Unggul
Penulis :
Ardianti Agustin
Download :