Efek Penambahan Auto Stretching Pada Intervensi Us Underwater Dan Transverse Friction Terhadap Disabilitas Tangan Pada Kasus Trigger Finger




Efek Penambahan Auto Stretching Pada Intervensi Us Underwater Dan Transverse Friction Terhadap Disabilitas Tangan Pada Kasus Trigger Finger.

Deskripsi:Untuk mengetahahui beda efek penambahan auto stretching pada intervensi US Underwater dan transverse friction terhadap disabilitas tangan pada kasus trigger finger. Sample: sampel berjumlah 20 orang dengan usia 41-70 tahun yang datang ke poli fioterapi Rumah Sakit Islam Jakarta dan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan menggunakan tabel assesmen yang tersedia. Sampel dibagi menjadi dua kelompok dengan cara diundi. Kelompok perlakuan I berjumlah 10 orang diberikan intervensi US Underwater dan transverse friction sedangkan kelompok perlakuan II berjumlah 10 orang diberikan US Underwater, transverse friction dan auto stretching. Metode: jenis penelitian ini quasi eksperimental untuk mengetahui efek suatu pemberian yang dilakukan terhadap obyek penelitian. Analisis statistik penelitian ini menggunakan uji shapiro-wilk sebagai uji normalitas data, uji levenes test untuk menguji homogenitas sampel. Hasil: untuk menguji dua sampel saling berpasangan (related) pada kelompok perlakuan I digunakan uji T-test related didapatkan hasil nilai P 0.000 dimana P< α (0.05) berarti ada pengaruh efek pemberian intervensi US Underwater dan transverse friction terhadap disabilitas tangan pada kasus trigger finger. Uji T-test related kelompok II didapatkan hasil P 0.000 dimana P< α (0.05) berarti ada pengaruh efek pemberian intervensi US Underwater, transverse friction dan auto stretching terhadap disabilitas tangan pada kasus trigger finger . Hasil uji T-test independent didapatkan nilai P 0.002 dimana P< α (0.05) berarti ada beda efek yang signifikan antara kelompok I dengan kelompok II. Kesimpulan: ada perbedaan efek pada intervensi US Underwater dan transverse friction dengan intervensi US Underwater, transverse friction dan auto stretching terhadap disabilitas tangan pada kasus trigger finger. Penulis:
PUTRA NANDA HALDI HARAHAP ( 200765038 )

Download:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *