Asyiknya Workshop Drone Bareng Prodi Survei dan Pemetaan UEU

Asyiknya Workshop Drone Bareng Prodi Survei dan Pemetaan UEU

Salah Satu Peserta Terlihat Mencoba Drone di Lapangan Basket UEU

Esaunggul.ac.id, Aktivitas berbeda terlihat di pelataran lapangan basket Universitas Esa Unggul, Kamis (02/05). Terlihat sejumlah orang sedang menerbangan Foto Udara tanpa awak atau lebih dikenal dengan Drone. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Workshop Drone yang diselenggarakan oleh Program Studi Survei dan Pemetaan Universitas Esa Unggul.

Ketua Program Studi Survei & Pemetaan UEU, Prama Ardha Aryaguna, S.Si., M.Sc. menjelaskan acara Workshop ini diselenggarakan guna memberikan pelatihan dan informasi terkait Drone kepada sejumlah kalangan, baik dari akademisi, pegiat dan penghobi, Instansi hingga masyarakat umum. Menurutnya, Drone atau Foto tanpa awak saat ini sedang naik daun dan memiliki fungsi serta peran yang sangat penting terutama di bidang seperti Foto Citra satelit dan pertanahan.

“Mungkin dulu Drone merupakan hal yang asing dimasyarakat, namun saat ini drone menjadi salah satu perangkat yang diminati karena kegunaanya yang sangat efektif dan efisien. Untuk itu, Workhsop ini mengakomodir bagi sejumlah kalangan untuk mengethui beberapa hal mendasar jika seseorang ingin menekuni Drone,” terang Prama di Universitas Esa Unggul, beberapa waktu yang lalu.

Workshop di Luar Ruangan

Sementara itu, Muhammad Abdul Aziz Ashidiqi, Staf IGT Badan Informasi dan Geospasial yang memberikan materi dalam Workshop tersebut menjelaskan terkait aturan menerbangkan Drone di Indonesia. Dirinya mengatakan jika seseorang yang menerbangkan drone tidak bisa sembarangan mengoperasikannya, hal ini dikarenakan terdapat sejumlah aturan yang telah ada di Indonesia seperti tidak bisa menerbangkan Drone dekat dengan Instansi Militer dan Bandara.

Untuk itu, Aziz melanjutkan penting sekali bagi seorang Pilot Drone untuk memposisikan dirinya ketika ingin menerbangkan drone agar tidak salah langkah atau melanggar peraturan yang sudah ada. Aziz pun menambahkan bagi seorang Pilot Drone yang baru memulai hendaknya mengerti teknik-teknik drone agar tidak salah dalam menerbangkan hingga dapat merugikan orang lain.

“Untuk itu saya harapkan para peserta mampu menyerap materi yang telah diberikan karena sangat bermanfaat terutama bagi pemula. Profesi pilot drone ini saat ini merupakan salah satu profesi yang sangat menggiurkan karena banyak dibutuhkan di sejumlah bidang, intinya jangan setengah-setengah dalam memulai,” ucapnya.

Materi di dalam Ruangan

Para peserta yang menghadiri workshop kali ini datang dari sejumlah institusi dan kalangan seperti dinas cipta karya DKI, Bappeda kab Tangerang, dinas pembangunan penataan ruang Tangerang selatan, konsultan, guru SMK adi sanggoro, geoinformatika dan SMKN 4 Tangerang. Selain mendapatkan materi di kelas, para peserta juga berkesempatan mencoba Drone di Lapangan Basket Esa Unggul. Terlihat para peserta sangat antusias mengikuti Workshop kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *