Deskripsi :

Pendidikan menjadi salah satu gerbang dalam membentuk moral anak bangsa, baik pendidikan formal, maupun non formal. Sekolah Dasar menjadi pondasi bagi perkembangan moral anak. Di sekolah pembentukan moral pelajar dilakukan melalui pembelajaran sehari – hari, seperti pelajaran pendidikan agama islam. Metode bermain peran menjadi salah satu metode yang dapat meningkatkan moralitas siswa. Penelitian ini berjenis quasi eksperimen two – group pretest – posttest dengan populasi siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu di Jakarta, Menggunakan teknik uji beda t – test, dengan signifikansi (sig.) (p) = < 0.05, taraf kesalahan 5%. Berdasarkan hasil pengolahan uji t – test diperoleh nilai signifikansi (p) = 0.000 ; ((p) < 0.05), artinya terdapat perbedaan moralitas siswa SD Islam Jakarta berdasarkan pemberian metode belajar bermain peran. Besaran mean kelompok eksperimen lebih besar (μ = 11.000) bila dibandingkan mean kelompok kontrol (μ = 10.000). Artinya kelompok eksperimen memiliki tingkat moralitas yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Yuli Asmi Rozali, Novendawati Wahyu Sitasari, Ikbal Rahmat, Abdurrahman

Download :