Publish : Februari 2020

Deskripsi :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen isu yang dilakukan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk dalam
menghadapi Isu Akuisisi. Metode penelitian diklasifikasikan ke dalam penelitian kualitatif yang berusaha memberikan pemaparan suatu permasalahan sebagaimana adanya untuk memberikan gambaran secara objektif tentang keadaan sebenarnya dari objek yang diteliti. Strategi pengelolaan isu di Bank BTN dilakukan oleh tim yang dikoordinir Strategy and Performance Management Division dan Change Management Office. Strategi yang dilakukan lebih difokuskan ke publik internal yaitu karyawan dengan membuat holding statement. Sedangkan dalam mengelola isu melalui media dilakukan oleh corporate promotion & media relations dengan persetujuan tim pengelola isu. Selain itu corporate promotion & media relations juga menjadi sumber informasi untuk tim pengelola isu.

Isu di Bank BTN tidak dikelola dengan baik sejak awal karena isu itu telah
berkembang ketika manajemen mengetahuinya. Meski memang ada monitoring media namun kenyataannya isu tetap mempengaruhi eksistensi BTN. Kegiatan pengelolaan isu seharusnya dilakukan oleh seorang public relations tapi di BTN public relations tidak ada dalam struktur organisasi. Dan dalam manajemen BTN tugas public relations dilakukan oleh corporate promotion & media relation di bawah naungan Corporate Secretary Division. Walau demikian, isu akhirnya dapat berhenti dan dapat diselesaikan.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Hilda Arifia

Download :