Analisis Semiotika Terhadap Pesan Iklan Tvc Lp3i Tahun 2011 Versi Mahasiswa

Deskripsi:

Penelitian semiotika adalah metode yang digunakan untuk menganalisis tanda sehingga mengetahui makna yang terkandung dari tanda itu sendiri. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode semiotika dari Pierce untuk membedah konsep tanda yang ada pada iklan TVC LP3I tahun 2011 versi Mahasiswa sehingga mengetahui makna-makna yang ada pada iklan tersebut.. makna, sebagai konsep komunikasi, mencakup lebih daripada sekadar penafsiran atau pemahaman seorang individu saja. Makna selalu mencakup banyak pemahaman, aspek-aspek pemahaman yang secara bersama dimiliki para komunikator Hasil penelitian ini memberikan informasi mengenai tanda-tanda beserta makna yang terdapat dalam iklan TVC LP3I versi Mahasiswa dan bagaimana LP3I mengemas pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak dalam bentuk sebuah iklan televisi. Berdasarkan sepuluh jenis tanda dari Pierce, pada iklan televisi ini muncul beberapa jenis tanda tersebut, diantaranya adalah Dicent Indexical Legisign, Rhematic Indexical Legisign, Rhematic Symbol, Dicent Sinsign, Rhematic Indexical Sinsign, dan Qualisign.

Penulis:
SEPTIAN ACHDIYANTO ( 200751005 )
Download: