Deskripsi :

Kurikulum sebagai salah satu komponen utama pendidikan terkadang sering tidak diperhatikan dalam pengembangannya di sekolah. Padahal pengembangan kurikulum sangatlah penting bagi sekolah karena penggunaan kurikulum formal saja tidak cukup untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kurikulum formal mendokumentasikan apa saja yang harus dikuasai oleh peserta didik, dalam pembelajaran di kelas. Walaupun terkadang seorang guru mengajar hanya menekankan pada pemahaman kongnitif saja, dan mengabaikan pemahaman afektif serta psikomotorik yang semestinya juga dikuasai peserta didik. Padahal guru sebagai sosok yang menyampaikan kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, diharapkan dapat mengembangkan ketiga aspek tersebut secara bersamaan. Kegiatan pembelajaran SD Negri Benda yang dilakukan guru terlihat berbeda dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru. Dalam RPP pembelajaran hanya menekankan pada pemahaman kognitif yang tercantum dalam tujuan pembelajaran, namun ketika dilihat secara faktual pembelajaran yang dilaksanakan guru juga memberikan pemahaman-pemahaman nilai yang tidak tercantum dalam RPP. RPP yang dibuat guru di sekolah tersebut sama dengan RPP pada umumnya, yaitu terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, alokasi waktu, kegiatan pembelajaran dan komponen lainnya berdasarkan silabus. Silabus yang digunakan sekolah ini mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan Revisi sebagai kurikulum formalnya.

Universitas Esa Unggul

Penulis :

Alfian, M.Pd ( 218090781 )

Download :