Aktivitas Public Relations dalam Institusi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Studi: Penyelenggaraan Kegiatan Open Ship KRI Spica-934 Satsurvei Pushidrosal

Deskripsi:

Pentingnya aktivitas Public Relationstelah disadari oleh organisasi non profit pemerintah saat ini. Secara teori, aktivitas PR dapat digunakan organisasi untuk mendefinisikan “brand” institusi sehingga menghasilkan reputasi baik. Selain itu, aktivitas Public Relations dapat membantu organisasi mengembangkan saluran komunikasi terhadap publik internal maupun eksternal dan memberikan motivasi kepada publik internal (anggota lembaga) agar secara bersama mengabdikan diri untuk misi, tujuan dan sasaran lembaga. Berangkat dari hal tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah TNI AL sebagai lembaga non profit pemerintah menggunakan aktivitas Public Relations dan melakukan empat tahapan kerja PR untuk membantu meningkatkan citranya di mata publik. Peneliti melakukan penelitian kualitatif eksploratif terkait kegiatan open ship pada KRI Spica 934 yang menurut asumsi peneliti dilakukan sebagai aktivitas Public Relations dari Satsurvei Pushidrosal TNI AL. Teori yang digunakan untuk membedah permasalahan ini adalah teorifungsi dan tahapan proses kerjaPublic Relations. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi TNI AL dalam meningkatkan kualitas aktivitas Public Relations melalui kegiatan open ship.

Penulis:

Erna Febriani

Download: