[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Peserta Mengerjakan Soal di Penmaba UNJ 2018 Esa Unggul

Peserta Mengerjakan Soal di Penmaba UNJ 2018 Esa Unggul

 

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Universitas Esa Unggul menjadi tempat Ujian bagi 2180 siswa yang mengikuti Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaba) UNJ 2018, Sabtu (21/08) lalu. Ujian PENMABA UNJ digelar pada pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. Sejumlah materi soal pun diujikan, yang terbagi menjadi dua tahap yakni soal TKD (Test Kemampuan Dasar) yang terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris yang dimulai pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Tahap kedua yang dimulai pukul 13.00 hingga 15.00 mengujikan materi (TK Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Geografi, Sejarah, dan Ekonomi.

Salah satu Panitia penyelenggaran PENMABA UNJ Universitas Esa Unggul Dwita Uthami Putri menjelaskan untuk melancarakan acara PENMABA UNJ 2018, pihak Esa Unggul telah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang PENMABA, seperti fasilitas parkir, tenda penunggu orang tua, para pengawas ujian hingga pusat informasi.

“Dalam menghadapi ujian PENMABA ini kami mempersiapkan sejumlah fasilitas mulai dari teknis penyelenggaraan hingga fasilitas penunjang untuk para pengatar peserta juga disediakan yakni di Ballroom Aula Kemala,” terang Dwita di Universitas Esa Unggul, Sabtu (21/07/2018).

Suasana Peserta Ujian Penmaba UNJ 2018

Suasana Peserta Ujian Penmaba UNJ 2018

Menurutnya kesiapan Universitas Esa Unggul dalam menyelenggarakan Ujian skala besar seperti ini, telah teruji oleh sejumlah event nasional diantaranya Seleksi Masuk Bersama perguruaan Tinggi (SBMPTN) 2018 dan Penmaba UNJ 2017. Selain menjadi tuan rumah penyelanggaran PENMABA UNJ 2018, Dwita pun menerangkan Esa Unggul menyediakan tawaran untuk para peserta yang mengikuti ujian PENMABA UNJ 2018 dapat menerima potongan uang formulir sebesar Rp.100.000 jika mereka ingin masuk dan melanjutkan kuliah di Univeritas Esa Unggul.

“Jadi kita mempersiapkan potongan untuk para peserta ujian sebesar 100 ribu rupiah bagi siapa saja yang ingin masuk tentunya dengan melampirkan formulir Penmaba UNJ,” terangnya.

Salah satu Kelas Penyelenggaraan Penmaba

Salah satu Kelas Penyelenggaraan Penmaba

Sementara itu, Salah satu peserta Penmaba UNJ, Farhan Hadi mengatakan sejak jauh-jauh hari dirinya telah mempersiapkan untuk menghadapi ujian PENMABA UNJ, seperti melakukan pembelajaran intensif lewat soal-soal dan materi PENMABA tahun lalu.

“Untuk menghadapi ujian PENMABA ini sih saya mempersiapkannya selama hampir dua minggu full mengerjakan materi-materi terkait ujian PENMABA, itu sih menurut saya belum cukup,” terang Farhan.

Suasana Saat Orang Tua di Ballroom Aula Kemala

Suasana Saat Orang Tua di Ballroom Aula Kemala

Siswa alumni SMA 11 ini juga menceritakan materi dari soal-soal yang diujikan selama PENMABA pun sangat sedikit sehingga dirinya tidak mampu mengatur waktu dalam mengerjakan soal-soal ujian.

“Kendala utamanya mengerjakan soal itu saat harus mengatur waktu dan memilih mana soal yang yang bisa saya prioritaskan, jangan sampai mengerjakan soal-soal yang susah malah membuang-buang waktu, jadi harus seimbang mengerjakan soalnya,” tuturnya.

Suasana Saat Pameran di Ballroom Aula Kemala

Suasana Saat Pameran di Ballroom Aula Kemala

Dirinya pun berpesan bagi teman-teman yang akan mengikuti PENMABA UNJ tahun depan agar dapat mempersiapkan sebaik-baiknya, karena soal-soal yang keluar di PENMABA diluar ekspektasi.

“Pokoknya bagi temen-temen yang ingin mengikuti kembali ujian PENMABA harus belajar konsisten, soalnya materi yang diujikan kebanyakan berbeda dengan soal-soal latihan yang kita kerjakan, terus jangan lupa berdoa juga biar makin optimis mengerjakan,”tutupnya.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]