Acara Sosialisasi PKM

Tim Operator Saat Acara Sosialisasi PKM

Esaunggul.ac.id, telah berlangsung acara Sosialisasi dan Pengenalan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Rabu, 12 Januari 2021, secara online melalui Zoom Meeting. Acara yang diadakan dan disiapkan khusus dalam rangka keikutsertaan para mahasiswa UEU mengikuti ajang kompetisi PKM tahun 2022.

Acara dipandu oleh Alda Fitrianingsih Atlet Pancak Silat Mahasiswa FKIP Universitas Esa Unggul Citra Raya Tangerang 2021 sebagai MC dan Arizki Putra Rahman Ketua Tim Robotik 2021 Mahasiswa Fasilkom Universitas Esa Unggul KHI Bekasi 2020 sebagai Moderator. Acara yang dihadiri dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Esa Unggul Bapak Ari Pambudi, S. Kom., M. Kom. Dan Kepala Biro Kemahasiswaan Bapak Idris B. Kamad., A.Md., serta terdapat beberapa narasumber yaitu Wakil Dekan Fikom sebagai Reviewer PKM UEU 2021 Bapak Ikbal Rachmat, ST, MT., Kepala Bagian Beasiswa Ibu Heriyanti, ST, M.Ikom., Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Esa Unggul 2020/2021 Zatmiko Setiawan, S.T. sebagai pemberi materi pengantar PKM, dan Kevin Febrianus Moda Mahasiswa Bioteknologi Universitas Esa Unggul 2018 sebagai Penerima Pendanaan PKM Riset 2021.

Para Peserta Saat Rapat Pengenalan Zoom

Para Peserta Saat Rapat Pengenalan Zoom

Acara dibuka dengan sambutan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dilanjut dengan sambutan Kepala Biro Kemahasiswaan dan terakhir sambutan oleh Ketua Tim Operator Riko Fredianto Mahasiswa FEB Universitas Esa Unggul 2018. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa PKM adalah suatu hal yang sangat bermanfat bagi mahasiswa karena dapat mengembangkan ide kreativitas para Mahasiswa.

Para Pembicara Dalam PKM

Para Pembicara Dalam PKM

Beliau menyampaikan bahwa beberapa mahasiswa Universitas Esa Unggul memenangkan kompetisi karya tulis yang menyebabkan para mahasiswa tersebut mendapatkan pendanaan lebih lanjut untuk mengembangkan penelitian/penulisan dan kreativitasnya.  Beliau berharap bahwa setelah acara Sosialisasi dan Pengenalan PKM ini dapat dipahami dengan baik sehingga bisa lebih banyak lagi mahasiswa Universitas Esa Unggul yang dapat berpatisipasi mengikuti ajang kompetensi tersebut dan menuangkan ide-ide kreatif yang dimilikinya.

Setelah acara sambutan, dilanjut dengan penyampaian beberapa materi mengenai PKM oleh narasumber yang sudah disebutkan diatas. Isi dari materi yang disampaikannya yaitu berupa pengenalan PKM itu apa dan jenis PKM yang terdiri dari PKM 5 Bidang ( PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, Pengabdian Karsa Cipta, PKM Penerapan IPTEK, dan PKM Riset) dan PKM 3 Bidang (PKM Gagasan Tertulis, PKM Artikel Ilmiah, PKM Gagasan Futuristik), teknik penulisan PKM yang benar sesuai panduan, teknis bimbingan dan juga tahapan (jadwal penulisan), serta persiapan penyusunan PKM.

Para Peraih PKM UEU

Para Peraih PKM UEU

Disamping penyampaian sambutan dan penyampaian materi, acara tersebut juga menghadirkan Pemenang PKM Rist tahun 2021. Diantara pemenang yang hadir adalah Kevin Febrianus Moda (Kevin) mahasiswa Bioteknologi 2018 dengan anggotanya Ridho Irvansah Mahasiswa Bioteknologi 2019 dan Novita sari Mahasiswa Farmasi 2018. Pemenang PKM R Tahun 2021 dengan judul Substitusi Hormon Sintetik Dengan Bahan Organik Terhadap Pertumbuhan Plantlet Anggrek Phalaenopsis amabilis Sebagai Zat Pengatur Tumbuh Secara In Vitro. Pada kesempatan ini, Kevin selaku ketua tim berbagi pengalaman dalam mengikuti PKM R mulai dari pencarian ide, kerjasama tim, konsultasi dosen pembimbing, melakukan beberapa riset di Laboratorium Universitas Esa Unggul, serta Kevin juga memberikan Tips dan Trik untuk bisa lolos pendanaan PKM 2022.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang diberikan oleh mahasiswa Universitas Esa Unggul. Banyak pertanyaan bermanfaat yang diberikan kepada narasumber yang terkait. (RSY) #DIGITALMARKETING