Sambutan Rektor

Sambutan Rektor

Share

Rektor UEU

Assalamu Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.

Visi Universitas Esa Unggul (UEU) adalah menjadi salah satu perguruan tinggi kelas dunia berbasis intelektualitas, kreatifitas dan kewirausahaan, yang unggul dalam mutu  pengelolaan dan  hasil  pelaksanaan Tridarma  Perguruan Tinggi.

Yang dimaksudkan dengan menjadi perguruan tinggi kelas dunia, berarti UEU bertekad untuk mengacu pada standar-standar perguruan tinggi kelas dunia dan menjalankan praktek-praktek terbaik (best practices) yang dilakukan oleh perguruan tinggi kelas dunia. Institusi ini akan berupaya untuk menghasilkan output, baik hasil penelitian maupun hasil pengabdian masyarakat, yang diakui oleh kontribusinya oleh komunitas global. Dan yang paling penting, UEU berupaya keras untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dan daya saing global.

Untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia, tentunya institusi ini harus didukung dan menghasilkan sumber daya manusia yang tidak hanya mempunyai tingkat intelektualitas yang tinggi, namun juga kreatif dan mempunyai jiwa kewirausahaan (enterpreneurial). SDM yang mempunyai tingkat intelektualitas tinggi adalah orang-orang yang cerdas, mampu berpikir kritis dan analitis dalam mengembangkan ide-ide dan ilmu pengetahuan baru. SDM yang kreatif adalah orang orang yang secara inovatif mampu mengaplikasikan secara ekonomis ilmu pengetahuan baru untuk menciptakan hal-hal yang dapat meningkatkan kesejahteraan umat manusia. SDM yang mempunyai jiwa kewirausahaan adalah orang-orang yang mampu mengemas atau menjual hasil inovasi tadi, sehingga menghasilkan keuntungan ekonomis.

Berdasarkan dari visi itulah maka kata creative dan entrepreneurial dipilih menjadi jargon UEU dan secara eksplisit diletakkan sebagai spirit dan tema utama yang akan mewarnai seluruh perjalanan kemajuan UEU ke depan. Dalam pengembangan kewirausahaan, UEU terus berusaha menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini terbukti dengan telah terbinanya kerja sama dengan beberapa BUMN. Dari hasil kerja sama tersebut UEU telah membina mitra usaha kecil menengah (UKM) sebanyak 432 pengusaha, memberikan beasiswa, program magang kewirausahaan, modul mata kuliah kewirausahaan dan modal awal usaha bagi mahasiswa, serta pelatihan kewirausahaan untuk dosen. Dan untuk meningkatkan budaya wirausaha di kalangan mahasiswa, mulai tahun 2009, UEU secara teratur telah menyelenggarakan kompetisi tahunan penyusunan rencana bisnis (business plan) bagi mahasiswa. Kepada para pemenangnya akan diberikan bantuan modal untuk memulai usahanya. Para mahasiswa juga didorong untuk aktif mengikuti berbagai kompetisi dan pameran di tingkat nasional dalam mempromosikan produknya.

Dalam pengembangan kreativitas, UEU telah mengambil sebuah langkah strategis melalui pendirian fakultas dan program studi yang khusus mendalami dan mengembangkan bidang industri kreatif, guna melengkapi program studi Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual. Keberadaan fakultas ini merupakan embrio bagi pendirian sebuah creative center yakni sebagai salah satu pusat keunggulan yang akan menjadi icon UEU. Mulai tahun ini pula, lomba gagasan dan karya kreatif akan menjadi agenda tetap universitas. Kegiatan ini ditujukan untuk merangsang tumbuhnya suasana dan budaya kreatif di lingkungan civitas akademika, khususnya di kalangan mahasiswa.

Budaya kreatif dan suasana akademik terus dipelihara melalui ekspose karya-karya mahasiswa dan perluasan jejaring dengan dunia industri yang potensial memanfaatkan karya-karya kreatif civitas akademika tersebut secara komersial.

Semoga seluruh informasi di situs ini dapat memberikan pencerahan dan panduan yang tepat dalam pengambilan keputusan tentang pemilihan masa depan anda.

Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul