Identitas dan Arti Logo UEU

Identitas dan Arti Logo UEU

Share

Logo

Deskripsi Umum

Secara garis besar, Logo UEU digambarkan oleh expose huruf e (Esa) yang dibentuk oleh 3 (tiga) garis lengkung dengan sebuah bola biru tiga dimensi ditengahnya. Dua garis lengkung diantaranya berwarna biru, sedangkan satu garis lengkung lainnya berwarna orange dan membentuk huruf u (Unggul). Keseluruhan elemen logo membentuk sebuah formasi yang simple (sederhana), agar mudah dikenali.

Huruf e mengandung serangkaian makna, yakni :

  • emas, mewakili Kampus Emas
  • esa, mewakili keinginan untuk menjadi satu atau suatu yang berbeda, bukan follower
  • exist, mewakili semangat untuk selalu hadir dan berkelanjutan
  • excellent, mewakili upaya untuk senantiasa mempersembahkan karya dan pengabdian yang terbaik
  • entrepreneurship, mewakili upaya untuk meletakkan kewirausahaan sebagai pilar universitas
  • elektronik, menggambarkan perjalanan universitas untuk masuk dalam era digital berbasis e-learning.

Huruf u mengandung makna :

  • unggul, mewakili cita-cita untuk menjadi institusi terdepan, menghasilkan lulusan berpredikat “insan unggul”
  • ultimate, mewakili sebuah sikap dan usaha untuk mencapai “ketuntasan”.

Putaran Dinamis

Tiga garis lengkung yang membentuk putaran dalam gerak memusar, menggambarkan dinamika universitas untuk terus maju tanpa henti, menembus batas-batas kemapanan, mencapai tujuan dan cita-cita luhurnya.

Bola Biru Bercahaya

Bola biru tiga dimensi yang terletak ditengah-tengah pusaran dinamis menggambarkan “fokus” dan perjalanan universitas untuk mencapai keberhasilan dan martabat di tingkat global (dunia internasional). Seberkas cahaya pada bola biru menggambarkan kehadiran reputasi institusi oleh institusi dan lulusan yang akan memberiakn arti, nilai dan warna tersendiri pada universitas atau kemanusiaan.

 

Warna

Biru, mewakili sikap institusi universitas dan civitas akademika yang terbuka terhadap pembaharuan, paradigma baru, keberagaman dan perbedaan pendapat serta kebenaran, disamping menggambarkan kejujuran, loyalitas dan disiplin, kekeluargaan dan persahabatan, cinta tanah air dan toleransi, cerdas dan praktis, empati, percaya diri dan militan.

Orange, mewakili sikap dinamis, keceriaan, dan kreatifitas dan inovatif.

 

Sejarah Perubahan Logo

Logo Lama (1993 – 2009)

 

Logo Baru ( 2010)

 

Nama dan Logo BARU Universitas Esa Unggul (Strengthening the corporate brand Identity)

Universitas INDONUSA Esa Unggul adalah sebuah PTS terkemuka di Jakarta yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Kemala Bangsa. Saat ini, universitas telah berhasil menempatkan posisinya sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

Kedepan, Universitas INDONUSA Esa Unggul akan mengembangkan berbagai keunggulan untuk mencapai visinya, yakni “Menjadi perguruan tinggi kelas dunia berbasis intelektualitas, kreatifitas dan kewirausahaan yang unggul dalam mutu pengelolaan tridharma”.

Visi  ini sekaligus akan menghantarkan Universitas INDONUSA Esa Unggul tumbuh menjadi  institusi yang solid, maju dan berkelanjutan.

Pencapaian visi di atas ditempuh melalui 3 misi, yakni :

  1. Mengembangkan pendidikan yang bermutu dan relevan.
  2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif.
  3. Menciptakan pemimpin yang berkarakter yang berdaya saing tinggi menghadapi tantangan lokal dan global.

Program peningkatan kualitas akademik mahasiswa dan dosen, pelayanan, sarana dan prasarana, penelitian dan pengabdian masyarakat serta kualitas lulusan menjadi prioritas utama untuk mencapai a World Class University. Namun, tantangan lingkungan strategik juga   menuntut Universitas INDONUSA Esa Unggul untuk selalu melakukan  penyesuaian dan inovasi pada nilai-nilai, budaya kerja dan etos kerjanya

Corporate Brand Identity yang tercermin pada nama dan logo universitas adalah bagian strategik dari pusaran inovasi ini. Gagasan perubahan nama dan logo dimulai sejak  2007, yang diawali dengan wacana dan jajak pendapat internal. Selanjutnya dilakukan sosialisasi kepada stakeholders dan berujung pada sayembara logo.

Akhirnya, pada 2010 nama Universitas INDONUSA Esa Unggul berubah menjadi Universitas Esa Unggul, dengan logo baru dan motto baru :  Entrepreneurship and Creativity.

Secara ringkas, logo ini digambarkan oleh expose huruf “e” (Esa) dan huruf “u” (Unggul), dibentuk oleh 3  garis lengkung yang berputar mengelilingi sebuah bola biru.Konstelasi ini  melambangkan dinamika universitas untuk menembus kemapanan, mencapai cita-cita luhurnya. Keberadaan bola biru  menegaskan fokus untuk meraih reputasi di tingkat internasional. Seberkas cahaya pada bola biru menggambarkan sumbangan universitas pada kemajuan masyarakat dan kemanusiaan.

Jadi, secara keseluruhan logo baru merefleksikan esensi dari rencana strategik universitas untuk membangun budaya organisasi yang lebih baik. Penguatan Corporate Brand Identity ini juga akan meningkatkan kepercayaan dan apresiasi publik terhadap pencapaian dan reputasi universitas. Perjalanan universitas selama hampir 25 tahun sungguh memberikan pelajaran dan jejak pengalaman yang sangat berharga sebagai persembahan terbaik bagi bangsa dan negara.

Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul