Manajemen Informasi Kesehatan

  • Manj.Informasi Kesehatan
  • Visi-Misi&Tujuan
  • Career
  • Kerjasama
  • Fasilitas
  • Kurikulum
  • Dosen Pengajar
Manajemen Informasi Kesehatan (MIK)

Terakreditasi B

Adanya tuntutan dari profesi, masyarakat dan semua pihak - yakni agar terciptanya pelayanan kesehatan yang good clinical governance, mengharuskan institusi pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, dan Lembaga Pelayanan Kesehatan Masyarakat untuk melakukan pembenahan dalam sistem pencatatan, pengolahan dan analisis data medis secara lengkap, akurat, tepat waktu dan terintegrasi dalam pengelolaan data pasien baik yang tertulis maupun terekam tentang identitas, amnesia, penentuan fisik, laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan, medik yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun yang mendapatkan pelayanan gawat darurat, sehingga menghasilkan Sistem Informasi Kesehatan yang terintegrasi dan akurat yang dapat digunakan untuk penyusunan kebijakan, penyusunan program dan penelitian. Jadi, Manajemen Informasi Kesehatan sangat penting karena merupakan administrative, legal, financial, research, and education value.

Bidang Perminatan

  1. Pendidik
  2. Coder

Kompetisi Lulusan

Lulusan Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan sebagai tenaga profesional dalam mengumpulkan, menganalisis dan mendiseminasi informasi kesehatan, yang cakupan penggunanya meliputi administrator, manajer, pemberi pelayanan kesehatan (provider). Program studi ini menyiapkan lulusannya untuk memasuki lapangan pekerjaan yang menghasilkan ahli manajemen informasi kesehatan dengan keunggulan utama mengelola informasi kesehatan dan melaksanakan coding; ataupun sebagai pendidik di bidang keilmuan rekam medis dan informasi kesehatan.

Tujuan Pendidikan
  1. Menghasilkan Ahli Madya Perekam Medis dan Informasi Kesehatan yang profesional dalam bidang pengelolaan rekam medis dan informasi kesehatan.
  2. Menghasilkan karya – karya inovatif dalam menunjang kualitas pelayanan informasi kesehatan.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi dan dapat menjadi acuan bagi pendidkan yang sama.
  4. Menghasilkan lulusan yang peka terhadap masalah dan perkembangan IPTEK di bidang rekam medis dan informasi kesehatan
  5. Menghasilkan lulusan yang trampil dalam menggunakan berbagai peralatan rekam Medis dan Informasi Kesehatan sesuai dengan perkembangan IPTEK .
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu mandiri dan siap pakai dalam bidang rekam medis dan informasi kesehatan.
  7. Menghasilkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan dan berwawasan global.
 

Program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Esa Unggul memiliki komitmen untuk membentuk tenaga-tenaga yang profesional dalam pengumpulan, analisis dan desiminasi informasi kesehatan, yang cakupan penggunanya meliputi administrator, manajer, pemberi pelayanan kesehatan (provider). RMIK Universitas Esa Unggul menghasilkan lulusan yang mampu :

  1. Menghasilkan karya – karya inovatif dalam menunjang kualitas pelayanan informasi kesehatan.
  2. Memahami perkembangan IPTEK di bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  3. Trampil dalam menggunakan berbagai peralatan terkait manajemen informasi Kesehatan sesuai dengan perkembangan IPTEK
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan dan berwawasan global.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Kurikulum 3,5 tahun (7 semester normal, 3 semester pendek)
  3. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  4. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  5. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  6. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  7. Bimbingan Akademik
  8. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  9. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  10. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  11. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.
Profesi dan Karier Lulusan

Sarjana Rekam Medik dan Informasi Kesehatan dapat bekerja dan berkarir di instansi pemerintah ataupun swasta seperti rumah sakit, klinik, puskesmas ataupun lembaga pendidikan sebagai pengkode diagnosis dan tindakan (clinical coder), manajer unit kerja rekam medik dan informasi kesehatan, pengelola sistem informasi kesehatan; mitra pengembang aplikasi sistem informasi kesehatan dan mitra peneliti.

Karier Lainnya :

  • Manajer Unit Rekam Medis
  • Analisis Sistem Informasi Kesehatan
  • Spesialis Data Klinik
  • Koordinasi Informasi Pasien
  • Pengelola Pusat Data / Informasi Kesehatan
  • Coder diagnoses di pelayanan kesehatan
  • Analis Data untuk kepentingan Asuransi Kesehatan
  • Konsultan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  • Konsultan IT bidang Kesehatan
  • Pengelola Sistem Informasi Kesehatan
  • Peneliti

Esa Unggul Career Center

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan
  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik ( www.esaunggul.ac.id)
  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU
Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain: Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan, BUMN, Lembaga Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit (pada saat ini telah terjalin kerja sama dengan lebih dari 40 Rumah Sakit Umum, Daerah dan Swasta), organisasi profesi, sosial, kesehatan, dan perusahaan; berbagai perusahaan asuransi.

Mitra Kerjasama dalam Praktek Mahasiswa, Pendidikan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat Departemen Pemerintah dan BUMN. Depkes RI - Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Nasional, Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia, Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah Prov DKI Jakarta Badan Kesatuan Bangsa, Pemerintah Kabupaten Cianjur Badan Kesatuan Bangsa, Politeknik Kesehatan Jakarta II Jurusan Gizi, Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Cianjur, Purwakarta, Tangerang, Bekasi, dan Poltekes Depkes.

Lembaga Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit Umum, Daerah dan Swast

Hyperkes, RSU Cipto Mangunkusumo, RS FK UKI, Siloam Hosiptal Karawaci, Siloam Hospital Kebon Jeruk, RS Fatmawati, RS Tarakan, RS Islam Cempaka Putih, RS Islam Pondok Kopi, RSU Tangerang, RSU Cibinong, RSUD Tarakan, RSUD Tangerang, RSUD Budhi Asih, RSUD Sumber Waras, RSUD Koja, RSP Pertamina, RS Patria IKKT, RSAB Harapan Kita, RS Harapan Bunda, RS PIK, RS PELNI, RS Siloam, RS Persahabatan, RS Pasar Rebo, RS Atmajaya, RS Medistra, RS Puri Indah, RS Puri Kedoya Mandiri, RS Medika Permata Hijau, RS Juwita Bekasi, RS Paramita Tangerang, RS Global Medika Tangerang, RS Bersalin Avisena, RS Mitra Asih, RS Pantai Indah Kapuk, RS Islam Pondok Kopi, RSPAD, RS Angkatan Laut, RSJ Soeharto Herjan, RS Hasan Sadikin Bandung, Yayasan Jantung Harapan Kita, RSIA Keluarga Kita Tangerang, dan Puskesmas (Jaktim, Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan Jakut).

Organisasi Profesi, Sosial, Kesehatan, dan Perusahaan

Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Ikatan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia, Asosiasi Ilmu Pendidikan Gizi Indonesia, Persatuan Ahli Gizi Indonesia, PT. Enzym, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT. Krakatau Medika, PT.Yakult Indonesia, PT. Aero Catering, Puspa Catering, LP Cipinang, Badan Narkotika Nasional, Palang Merah Indonesia, Sampoerna Foundation, Tbk, John Bloomberg Hopkins Institute, Positive Deviance Resources Centre, Danone Nutrition Institute, Badan POM RI, dan World Health Organization.

Academic Partners

Fasilitas

Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas laboratorium seperti:

  • Laboratorium Kimia
  • Laboratorium Rekam Medis
  • Laboratorium Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi
  • Laboratorium Kuliner
  • Laboratorium Bio Kimia
  • Laboratorium Keperawatan Dasar
  • Laboratorium Keperawatan Medikal Bedah
  • Laboratorium Anak dan Maternitas
  • Laboratorium Jiwa dan Komunitas
  • Laboratorium Home Care.
  • Laboratorium Komputer

Ruang Kuliah multimedia

Laboratorium komputer

Laboratorium Rekam Medis

Laboratorium Keperawatan Medikal Bedah

Laboratorium Gizi Kuliner

Laboratorium Anak dan Maternitas

Perpustakaan

Buku Teks
  1. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Iqbal Hasan, PT Bumi Aksara, 2005
  2. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis, Evelyn c Pearce, Gramedia, 2006
  3. Anatomi Fisiologi untuk Siswa Perawat Syaifuddin, EGC, 2006
  4. Anatomi sistem reproduksi Santoso Gunardi, UI, 2007
  5. Aplikasi Klinis Patofisiologi Pemeriksaan dan Manajemen , Valentina L. Brashers, EGC, 2007
  6. Aromatherapy, 2007
  7. Atlas Berwarna & Teks Anatomi Manusia Sistem Lokomotor, Werne, 2007
  8. Basic Healthcare Statistics for health information Management profesional, Karen,Cs, AHIMA , 2006
  9. Buku saku mengenal penyakit melalui hasil pemeriksaan laboratorium, AY. Sutedjo, Amara Books, 2008
  10. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, Ahmad Watik Praktiknya, Raja Grafindo Persada, 2007
  11. Easy Guide to clinical Practice Improvement, a guide for healthcare professional, 2nd edition, NSW Health, 2006
  12. Efisiensi Pengelolaan Rumah Sakit, Soejadi, 2005
  13. Essential of Hospital Risk Management . Barbara J. Youngberg, Aspen Publ., 2007
  14. Etika dan hukum kesehatan, Alexandra Indriyanti Dewi, Pustaka Book Publisher, 2008
  15. Flu Burung : aspek klinis dan epidemiologis, S. Tamher Noorkasiani, Salemba Medika, 2008
  16. Fundamentals Of International Business Management, Steven Globerman, Prentice Hall, 2005
  17. Gaya Hidup Sehat, R Wulan S.UGM, 2006
  18. Hospital Cocts And Health Insurance , Martin Feldstein, Harvard University Press, 2008
  19. How to prepare for the toefl test of english as a foreign language with cd-rom, pamela j. sharped, bina rupa aksara, 2008
  20. Ilmu Kesehatan Masyarakat , Prinsip- prinsip dasara, Soekidjo Notoatmodjo, 2005
  21. Kamus Kedokteran, Ahmad Ramali Pamoentjak, Djambatan, 2005
  22. Kesehatan masyarakat : ilmu & seni, Soekidjo Notoatmodjo, Rineka Cipta, 2006
  23. Kewirausahaan Teori dan Praktek”, Amin Widjaja Tunggal, Harvarindo, 2007
  24. Manajemen pelayanan rumah sakit berbasis sistem infomasi, H. Boy S. Sabarguna, Konsorsium RS. Islam Jateng-DIY, 2005
  25. Manajemen Risiko: konsep, kasus, Implementasi, Hinsa Siahaan, 2007
  26. Manajemen rumah sakit berbasis komputer : mencakup aspek pemasaran dan manajemen keuangan. Johar Arifin,Heru Adi Prasetya, 2006
  27. Medical terminology for health prefessions, Ann Ehrlich, Thomson Delmar Learning, 2005
  28. Merangkai hospitals bylaws, J. Guwandi,FK UI, 2005
  29. Metode numerik dan algoritma komputasi, Achmad basuki Nana Ramadijanti, Andi, 2005
  30. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan Sugiyono,Alfabeta, 2005
  31. Obstetri Patologi, Universitas Padjadjaran Bandung,UNPAD, 2008
  32. Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah sakit ( Patient safety) , KKPRS- Depkes, edisi 2, 2008
  33. Patologi untuk mahasiswa keperawatan, Sayuti Tamher Heryati, Trans Info Media, 2008
  34. Pedoman manajemen informasi kesehatan di sarana pelayanan kesehatan,Gemala R hata, UI Press, 2008
  35. Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien ( Patient Safety Incident Report ) edisi 2, Depkes- KKPRS, 2008
  36. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia”, PN Balai Pustaka, 2005
  37. Penuntun laboratorium klinik, R. Gandasoebrata, Dian Rakyat, 2005
  38. Standar Pelayanan Minimal Rumah sakit , Depkes, 2007
  39. Statistik kesehatan, Luknis Sabri, Raja Grafindo Persada, 2007
  40. Teknik Sampling: teori dan praktik dengan menggunakan SPSS15, Umi Narimawati, Gava Media., 2008
  41. The Art Of Smart Communicating, Bert Decker, Image Press, 2008
  42. The Language OF Medicine, Davi - Ellen Chabner, W.B Saunders, 2007

E-Journal
  1. Adjuvants in H1N1 vaccine provoke row in Germany. Ned Stafford. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  2. Advanced dementia is a terminal illness. Alison Tonks. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  3. Analysis of continuous data from small samples. J Martin Bland, Douglas G Altman. British Medical. Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  4. Authorities must plan for a surge in critical illness caused by swine flu. Alison Tonks. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  5. Drug Ingestions in Children 10-14 Years Old: An Old Problem Revisited. Wendy Pomerantz, Michael Gittelman, Sarah Farris, Lauren Frey. Suicide Life - Threatening Behavior. New York: Aug 2009.
  6. Induction of labour versus expectant monitoring for gestational hypertension or mild pre-eclampsia after 36 weeks' gestation (HYPITAT): a multicentre, open-label randomised controlled trial Corine M Koopmans, Denise Bijlenga, Henk Groen, Sylvia M C Vijgen, et al. The Lancet. London: Sep 19-Sep 25, 2009.
  7. Paracetamol weakens children's responses to vaccinations. Alison Tonks. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  8. Public health messages that invoke disgust are most effective for men. Zosia Kmietowicz. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  9. Reliability of patient responses in pay for performance schemes: analysis of national General Practitioner Patient Survey data in England. Martin Roland, Marc Elliott, Georgios Lyratzopoulos, Josephine Barbiere, et al. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  10. Should we screen low risk patients for meticillin resistant Staphylococcus aureus?. Michael Millar. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  11. Smoking bans cut deaths among passive smokers, report says. Bob Roehr. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.

Makalah Nasional
  1. Development of (ICT)”Fatma Rossa, UIEU. 2009
  2. Format Rekam Kesehatan,di RSIJ Pondok Kopi pada Problem Oriented Medical Rekord,Martina Saputra,UIEU. 2009
  3. Grafik Barber Johnson,Jumilah. UIEU. 2009
  4. Manajemen Unit Rekam Medis dan Studi Kemasalahan di RS Husada Jakarta ,Ashoka Army Dkk.UIEU. 2009
  5. Observasi Problem Orented Medikal Rekord,di RSUPN,Mangun Kusumo,Nuryana Handayani Dkk, UIEU.
  6. Pengornanisasian, Personalia Unit Rekam Medis ,Aspek Hukum Rekam Medis,Statistik dan Sistem Pelaporan pada Pelayanan Kesehatan Serta Sistem Pembayaran,Jasa Pelayanan Kesehatan ,di RS Prikasih, Indri Wahyunim Dkk.UIEU. 2009
  7. Quality Management System(ISO 9001 Versi 2000,Ermila Kusnia. UIEU. 2009
  8. Rekam Medis dan SIMRS,Setyawati. UIEU. 2009
  9. Sejarah Perkembangan Alur ,Prosedur,Pelayaan Rekam Medis ,dan Prosedur Pelayanan Terkait dengan Rekam Medis, di RS.Patria IKKT,Ferlina Mauren Dkk,UIEU. 2009
  10. Sejarah Perkembangan Alur Prosedur Pelayanan Rekam Medis Dasar Serta Sistem Pengelolaan Rekam Medis dan Prosedur Pelayanan Terkait dengan Rekam medis di RS .Satya Negara Jakarta Utara.M Deny Alphaphonda Dkk.UIEU. 2009
  11. Sistem Case –Mix, Neni Herliani. UIEU. 2009
  12. Sistem Pengelolaan Rekam medis dan Prosedur Pelayanan Terkait dengan Rekam Medis di RS Permata Hijau,Citrawati Dkk. 2009
Kurikulum Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan Download Distribusi Mata Kuliah Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan
Dosen Pengajar
  1. Bambang M, Skom, Mkom
  2. Basuki Nugroho,SE MM
  3. Bintarti Noviana
  4. Dharmadi Tunggono, SKM
  5. Dr. Bintarti N, MM
  6. Dr. Eko Rahajeng, SKM, Mepid
  7. Dr. Rokiah Kusumapradja, SKM, MHA
  8. Dr. Syamsi Yakobalis, SpB
  9. Dr. Yusuf Rinto Wahjudi, MARS
  10. Drg. sarimawar
  11. Drs. Budi Martono
  12. Drs. Djoko Tjahyono, MPH
  13. Drs. IGK. Wijasa, MARS
  14. Drs. Mulyo Wiharto, MHA, MM
  15. Frieda Toruan, S.PSi, MSc
  16. Hosizah, SKM, MKM
  17. Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
  18. Ir. Djoko Dewanto, MM
  19. Kundang Karsono., S.Kom., M.Kom
  20. Lily Wijaya, SKM., MM
  21. Mayang Anggraini
  22. Pipit Lindasari ,Ssit, MIK
  23. Riya Widayanti, S.Kom, MMSI
  24. Rudy Kristianto, SE,Mkes
  25. Siswati, SKM, MKM
  26. Soedijono, M.kes
  27. Sri Redjeki, SH, MARS
  28. Tri Rini Puji Lestari , SKM, MKM
  29. Tuti Sri Widayati, S.Ars, Mmik
  30. Yati Maryati, SKM
  • News &Events
  • Article
  • E-Paper
  • Tugas Akhir
Universitas Esa Unggul menyelenggarakan  Seminar ” Smart  Student : From Nothing to Something ” untuk Program Reguler pada tanggal Jumat, 31 Oktober 2014
Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Seminar ” Smart Student : From Nothing to Something ” untuk Program Reguler pada tanggal Jumat, 31 Oktober 2014

  Universitas Esa Unggul  menyelenggarakan Seminar ” Smart  Student : From Nothing to Something ” untuk Program Reguler pada  Jumat, 31 Oktober 2014 jam 12.30 – ...

Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Seminar ” Tingkatkan Kompetisi, Hadapi Globalisasi!” untuk Program Reguler pada tanggal Rabu, 29 Oktober 2014
Universitas Esa Unggul menyelenggarakan Seminar ” Tingkatkan Kompetisi, Hadapi Globalisasi!” untuk Program Reguler pada tanggal Rabu, 29 Oktober 2014

Universitas Esa Unggul menyelenggarakan  Seminar ” Tingkatkan Kompetisi, Hadapi Globalisasi!”  untuk Program Reguler  pada tanggal Rabu, 29 Oktober 2014,  jam 12.30 – 15.30 WIB di Ballroom Kemala ...

PERBANDINGAN STATUS GIZI BALITA, DATA SUSENAS 2005 BERDASARKAN RUJUKAN HARVARD, NCHS, CDC DAN STANDAR WHO

PERBANDINGAN STATUS GIZI BALITA, DATA SUSENAS 2005 BERDASARKAN RUJUKAN HARVARD, NCHS, CDC DAN STANDAR WHO     Nadiyah1, Idrus Jus’at2, Nils Aria Zulfianto3, Atmarita4 3 ...

PENGARUH KONSUMSI, INVESTASI, JUMLAH UANG BEREDAR DAN INFLASI TERHADAP PENENTUAN KEBIJAKAN SUKU BUNGA SBI

  PENGARUH KONSUMSI, INVESTASI, JUMLAH UANG BEREDAR DAN INFLASI TERHADAP PENENTUAN KEBIJAKAN SUKU BUNGA SBI Indra Setiawan1,  Deddy S Bratakusumah1 1Program Pascasarjana Universitas Esa Unggul, ...

FAKTOR – FAKTOR PENENTU KESUKSESAN (CRITICAL SUCCESS FACTORS) PADA KERJASAMA PEMERINTAH SWASTA BIDANG INFRASTRUKTUR DI INDONESIA

FAKTOR – FAKTOR PENENTU KESUKSESAN (CRITICAL SUCCESS FACTORS) PADA  KERJASAMA PEMERINTAH SWASTA BIDANG INFRASTRUKTUR DI INDONESIA Huakanala Hubudi1, Husein Umar1 1Program Pascasarjana Universitas Esa Unggul, ...

  • Comments
  • Trackbacks
560
  1. December 4, 2012 at 11:04 pmvinna lupita  Reply

    apa aja syarat buat masuk MIK dari jalur D3? kpn mulai pndftran mhsiswa baru nya??? mhn infrmasinya krn sy di luar kota (palembang) trims...

    • December 11, 2012 at 10:20 amelistia  Reply

      Kami membuka pendaftaran untuk Kelas Reguler dan Kelas Karyawan. Saat ini pendaftaran sudah dibuka.
      Untuk kelas reguler, pendaftaran ditutup 30 Agustus 2013, mulai kuliah bulan September 2013.

      Untuk kelas karyawan smt Genap, pendaftaran ditutup 30 Januari 2013, kuliah mulai bulan Februari 2013.

      Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi ke (021) 5674223 ext. 279.

      Terimakasih

  2. March 20, 2013 at 10:27 amBasri Abdullah  Reply

    Saya lulusan D3 Keperawatan 2006,saya pengen melanjutkan ke Fakultas kesehatan masyarakat, ada gak yang program ekstensi untuk FKM ?
    mohon penjelasan

    • March 20, 2013 at 11:44 amelistia  Reply

      Selamat siang,
      Jurusan Kesehatan Masyarakat dibuka di kelas karyawan, silahkan lihat info-nya klik link ini:
      http://www.esaunggul.ac.id/paralel-karyawan/

  3. April 21, 2013 at 9:50 amSisya  Reply

    saya sarjana ekonomi manajemen. apa bisa masuk dijurusan manajemen informasi kesehatan ya ?

    • April 22, 2013 at 4:32 pmelistia  Reply

      Selamat sore,
      Anda bisa masuk di jurusan Manajemen Informasi Kesehatan. Mata kuliah yg sudah diambil di univ sebelumnya bisa disetarakan/diakui, jd tidak perlu mengulang kembali. Maka harus dilakukan konversi mata kuliah, dengan menyerahkan transkrip nilai yg sudah dilegalisir dan ijazah legalisir.
      Terimakasih

  4. May 2, 2013 at 7:13 pmnielna  Reply

    ada gag ya, fakultas farmasi.. ???

    • May 3, 2013 at 11:14 amelistia  Reply

      Selamat siang,
      Fakultas farmasi tidak ada di Univ Esa Unggul.

  5. May 17, 2013 at 6:18 pmSoraya  Reply

    S1 untuk bidan Komunitas ada gak ya, di Esa Unggul untuk kelas karyawan ( Tubel ) mohon infonya

    • May 20, 2013 at 12:02 pmelistia  Reply

      Selamat siang,
      Iya tida dibuka untuk jurusan tersebut.

  6. May 18, 2013 at 6:36 pmHendrik  Reply

    MIK itu S1 apa D4 ya...?? Saya D3 rekam medis pengen lanjut ke jenjang S1..

    • May 20, 2013 at 12:05 pmelistia  Reply

      Selamat siang,
      MIK itu D4.

  7. June 22, 2013 at 11:50 amargie  Reply

    ada s2 nya tidak.....

    • June 24, 2013 at 3:50 pmelistia  Reply

      Selamat sore,
      Untuk Manajemen Infokes belum ada S2 nya.

  8. July 2, 2013 at 4:55 pmMochammad Nibroos Fatin  Reply

    saya lulusan Program IPS dari SMA Negeri 1 Kota Sukabumi Jawa Barat, Nilai Ujian Sekolah rata-rata: 8,17 dan Nilai akhir Ujian Nasional rata-rata: 7,0, yang ingin tanyakan bisa tidak saya masuk Fakultas Fisiotrafi mohon informasi, Terima kasih.

    • July 3, 2013 at 3:35 pmelistia  Reply

      Selamat sore,
      Iya, kamu bisa masuk Fisioterapi.

  9. August 8, 2013 at 11:44 pmHarvey Pepo  Reply

    Permisi. Saya berminat masuk MIK dari jalur D3 RM. Mohon Informasi soal biaya perkuliahannya, Apakah mengikuti biaya kuliah program reguler seperti yang tertera pada booklet?
    Mohon informasi soal Kurikulum pembelajarannya juga, Apakah sama dengan program reguler seperti yang tertera pada booklet juga?
    Terima Kasih.

    • August 13, 2013 at 12:30 pmelistia  Reply

      Selamat siang,
      Kamu bisa masuk di kelas karyawan ataupun kelas reguler.
      Biaya kuliah silahkan klik link ini
      http://www.esaunggul.ac.id/admisi/

      Kurikulum silahkan lihat di info jurusan MIK, klik link ini:
      http://www.esaunggul.ac.id/program-pendidikan/manajemen-informasi-kesehatan/

  10. August 20, 2013 at 3:56 pmHarvey  Reply

    Tanggal perkuliahannya dimulai kapan?

    • August 20, 2013 at 4:49 pmelistia  Reply

      Selamat sore,
      Mulai perkuliahan tgl 23 Sept 2013. Sebelumnya ada kegiatan mhs baru, silahkan klik link ini:
      http://www.esaunggul.ac.id/new-student/tanggal-tanggal-penting-dates-to-remember-mahasiswa-baru-program-reguler-2013-2/

  11. August 28, 2013 at 11:25 pmaurelius  Reply

    Selamat malam...
    Apakah untuk D4 MIK kelas paralel masih sesuai dengan formulir tahun 2012???

    • August 29, 2013 at 11:20 amelistia  Reply

      Selamat siang,
      D4 MIK Kelas paralel tahun 2013 tidak dibuka.

  12. September 3, 2013 at 11:26 amAutelius  Reply

    Tapi kelas karyawannya dibuka ya?
    Maaf bu, beda kelas karyawan sama paralel apa bu untuk D4 MIK?

    • September 3, 2013 at 4:53 pmelistia  Reply

      Selamat sore,
      MIK di kelas karyawan tidak dibuka, hanya dibuka di kelas reguler.

  13. September 24, 2013 at 9:11 amWawan Sigit K  Reply

    Salamat siang,
    Saya lulusan D3 Rekam Medis, mohon informasi selengkapnya apakah bisa lanjut ke D4 MIK? bagaimana dengan status Akreditasi Program studi tersebut? adakah untuk kelas karyawan? mengigat saya juga sudah bekerja
    Terima kasih

    • September 24, 2013 at 3:27 pmelistia  Reply

      Selamat sore,
      D4 MIK masih dalam proses akreditasi. Untuk kelas karyawan tahun ini D4 MIK belum dibuka.

  14. October 11, 2013 at 9:18 pmrism  Reply

    bila pendidikan terakhir D3 rekam medis dan ingin lanjut ke D4 MIK apakah tetap harus menempuh 8 semester

    • October 16, 2013 at 2:04 pmelistia  Reply

      Iya, bisa saja. Syaratnya membawa transkrip nilai untuk konversi mata kuliah. Biaya konversi Rp 100.000. masa kuliah tidak harus 8 semester, hanya melanjutkan sisa perkuliahan saja. Terimakasih.

  15. October 18, 2013 at 6:33 pmsally  Reply

    kl lulusan d3 rekam medis apa bisa langsung ke s2?makasih

    • October 21, 2013 at 9:51 amelistia  Reply

      Persyaratan untuk melanjutkan ke S2 adalah lulusan S1 tentunya. jadi lulusan D3 harus melanjutkan ke S1 baru kemudian bisa melanjutkan ke S2 Terimakasih.

  16. December 11, 2013 at 9:40 pmrenastin  Reply

    Maaf , saya masih bngung jadi MIK itu S1nya Rekam medik ?

    • December 19, 2013 at 10:30 amelistia  Reply

      MIK itu beda jurusan dengan rekam medis, jika MIK itu D4, rekam kedis itu D3. Terimakasih.

  17. January 15, 2014 at 1:20 pmAbu bakar  Reply

    kalo alumni D3 Rekam Medik, apa bisa lanjut konfersi ke D4 MIK..??
    kalo bisa, berapa tahun..??
    gimana jalurnya kalo tugas belajar. Terima kasih.

    • January 20, 2014 at 11:42 amelistia  Reply

      Iya bisa, syaratnya membawa nilai transkrip asli, biaya konversi Rp. 100.000, lama perkuliahan tergantung hasil konversi nanti terimakasih.

  18. February 5, 2014 at 9:14 amUchu  Reply

    Kapan mulai pendaftran... sy dari D3 rekam medik mau lanjut D4 MIK

    • February 6, 2014 at 11:49 amelistia  Reply

      Sekaraang juga tetap buka pendaftaran. Silahkan datang lansung ke bagian humas Esa Unggul.

  19. March 27, 2014 at 7:08 amnatalia  Reply

    berapa tarif SI dan S2 MIK. Dan jadwal kuliah, apakah ada kelas untuk karyawan

    • April 2, 2014 at 10:02 amelistia  Reply

      Jurusan S1 MIK kelas karyawan hanya menerima dari lulusan D3 Kesehatan, jadi klo dari lulusan SLTA tdk bisa.
      Jadi kalo mau masuk ke Kelas Reguler.
      Untuk S2 MIK belum ada di UEU.

  20. April 2, 2014 at 8:52 pmmeilia stefani  Reply

    untuk jurusan kesehatan masyarakat ada kelas karyawan tidak ?????

    jika ada,
    pendaftaran mulai kapan untuk kelas karyawan ????

    • April 4, 2014 at 11:01 amelistia  Reply

      Iya, Jurusan Kesehatan Masyarakat dibuka di Kelas Karyawan, tapi hanya menerima dr lulusan D3 bidang Kesehatan, tdk bisa dari lulusan SLTA.
      Pendaftaran sdh di buka s.d 30 Agt '14.

  21. April 6, 2014 at 2:24 amhady  Reply

    D3 keperawatan mau lanjut MIK bisa tdak,? Persaratan dan biaya gmana?

    • April 10, 2014 at 11:54 amelistia  Reply

      Iya, bisa lanjut. Tapi tdk bisa di basis kelas karyawan.
      Kalo kelas reguler bisa.
      Persyaratannya adl menyerahkan ijazah + transkrip nilai yg sudah dilegalisir untuk konversi mata kuliah.
      Maka, pada saat membeli formulir pendaftaran juga menyerahkan trankrip nilai yg sudah dilegalisir untuk proses penyetaraan mata kuliah. Masa studi diketahui setelah ada hasil penyetaraan nilai mata kuliah.

      Biaya formulir pendaftaran Rp 300 rb + biaya penyetaraan Rp 100 rb.

      Informasi lebih lanjut silahkan hub Bpk. Ahmad di 021-6845 8866.

      Terimakasih.

  22. April 14, 2014 at 10:30 pmFerry  Reply

    selamat malam.
    Saya mahasiswa lulusan D3 perumahsakitan, berencana mau lanjut S1 ke Kesehatan Masyarakat (Manajemen RS).
    mau tanya :
    1. kira-kira lama studi saya brapa semester lagi yah?
    2. untuk biaya SPP, apakah itu pembayaran "hanya sekali" selama masa kuliah? apa di bayar setiap semester?
    *untuk MRS 8,1jt | *anggap tidak ada angsuran perbulan
    3. untuk biaya semester (MRS 5,5jt) di bayar setiap semester kan?
    *anggap tidak ada angsuran perbulan
    4. semster pendek di adakan setiap bulan apa? setelah semster ganjil atau genap? atau dua-duanya?

    okee segitu aja dulu pertanyaan dari saya, Danke :)

    • April 17, 2014 at 11:50 amelistia  Reply

      Selamat pagi,
      Berikut ini jawaban atas pertanyaan Anda:
      1. Sks yang diakui 81 sks, sedangkan yg harus diambil/diselesaikan 63 sks.
      2. Iya, SPP hanya sekali Rp 8,1 jt (bisa di angsur per bln)
      3. Iya, 5,5 jt adl biaya per semester, sama setiap smt
      4. Semt pendek diadakan 1x dalam sethun, setelah smt genap.

      Pendaftaran persyaratannya adl menyerahkan ijazah + transkrip nilai yg sudah dilegalisir untuk konversi mata kuliah.

      Maka, pada saat membeli formulir pendaftaran juga menyerahkan transkrip nilai yg sudah dilegalisir untuk proses penyetaraan/konversi mata kuliah. Masa studi akan diketahui setelah ada hasil konversi nilai mata kuliah.

      Biaya formulir pendaftaran Rp 300 rb + biaya penyetaraan Rp 100 rb.

      Informasi lebih lanjut silahkan hub Bpk. Ahmad di 021-6845 8866.

      Terimakasih.

  23. April 25, 2014 at 7:01 pmAndi  Reply

    asslkm.. saya mahasiswa smtr 6 DIII Rekam Medis.. mw tanya bagamana caranya daftar untuk lanjutin pendidikan DIV MIK ?? Apakah harus transfer nilai atau nunggu saya lulus dlu yah ? & kira2 berapa biaya kuliah nya ? MohonBantuannya
    -->Andi

    • April 28, 2014 at 1:33 pmelistia  Reply

      Wa'alaikum salam, langsung transfer nilai bisa. Nanti ijazah nya menyusul.

  24. May 20, 2014 at 10:08 amTaufik Hidayat  Reply

    Saya S1 ekonomi manajemen (SDM), bisa lanjut ke S2 kesehatan masyarakat tidak? jika bisa berpa semester?

    • May 20, 2014 at 12:22 pmelistia  Reply

      S2 Kesehatan Masyarakat tdk ada

  25. June 18, 2014 at 10:46 pmAlwysa  Reply

    Untuk Rekam Mediss D4 atau S1 RMIK ada atau tidk????

    • June 27, 2014 at 3:49 pmelistia  Reply

      Jurusan Rekam Medis untuk D3, sedangkan RMIK untuk D4

  26. August 28, 2014 at 9:47 amAbu bakar  Reply

    Mau nanya, saya alumni D3 Rekam Medis mau lanjut D4 MIK.. besaran biayanya kira2 brpa dan berapa semester.. terima kasih

    • August 28, 2014 at 10:48 amelistia  Reply

      Biaya kuliah per smt D4 MIK Rp 6 jt

  27. September 1, 2014 at 12:12 pmmelda  Reply

    saya lulusan D3 kebidanan mau lanjut S1 kesehatan masyarakat bisa tdak,? Persaratan dan biaya gmana?

    • September 3, 2014 at 2:27 pmelistia  Reply

      Untuk mahasiswa yg melanjutkan/pindahan bisa melanjutkan kuliah, persyaratannya adl menyerahkan ijazah + transkrip nilai yg sudah dilegalisir untuk konversi mata kuliah.

      Maka, pada saat membeli formulir pendaftaran sebelum mendaftar juga menyerahkan trankrip nilai yg sudah dilegalisir untuk proses penyetaraan mata kuliah.

      Biaya formulir pendaftaran Rp 300 rb + biaya penyetaraan Rp 100 rb.

      Pendaftaran s.d 14 Sept '14. Biaya kuliah silahkan klik link ini:http://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/Bikul-Paralel-2014-2015-on-web.pdf

      Informasi lebih lanjut silahkan hub Bpk. Ahmad di 021-6845 8866.

      Terimakasih.

  28. October 14, 2014 at 11:04 pmindah sari  Reply

    Maaf mau tanya,apakah jurusan atau peminatan rekam medis atau manajemen informasi kesehatan sudah ada s2 nya dana apakah ada kls karyawan untuk luar daerah.mhn informasinya trims.

    • October 16, 2014 at 9:23 amelistia  Reply

      Selamat pagi, Universitas Esa Unggul memiliki program studi Magister Manajemen (MM), Magister Administrasi Publik (MAP), Magister Akuntansi (MAKSI), Magister Ilmu Hukum (MH). terimakasih

Leave a Reply


9 − = 0

2012 © Universitas Esa Unggul