Workshop II Unit Cost Analysis Program Pascasarjana MARS Universitas Esa Unggul

Workshop II Unit Cost Analysis Program Pascasarjana MARS Universitas Esa Unggul

Share


Workshop II Unit Cost Analysis Program Pascasarjana MARS

Workshop II Unit Cost Analysis Program Pascasarjana MARS

Workshop II Unit Cost Analysis Program Pascasarjana MARS  Universitas Esa Unggul

Program studi MARS (S2) mengadakan Workshop II Unit Cost Analysis Program pada tanggal 11 s.d 12 Februari 2017 di ruang 207. Peserta yang hadir dalam Workshop  dibatasi hanya 80 orang, mulai dari mahasiwa program MARS dan Magister Manajemen, pemilik dan pengelola Rumah Sakit, para Kepala Bidang dan Kepala Bagian.

Workshop yang dibuka langsung oleh Dr. Rokiah Kusumapradja sebagai Kaprodi MARS ini menampilkan pembicara Dr. Hanna Permana Subanegara, MARS sebagai pakar dalam Manajemen Konsultan Rumah Sakit.

Hospital business is a Value business or trusty business, karenanya pengembangan bisnis rumah sakit diarahkan kepada penciptaan kepercayaan bagi pelanggan. Dalam pengelolaan rumah sakit, hal utama adalah kompetensi SDM yang sesuai dengan fungsi fungsi bisnis yang ada didalam organisasi.

RS pada dasarnya memiliki fleksibilitas agar rumah sakit memiliki kemudahan kemudahan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas standar sesuai dengan standar pelayanan minimal, dengan demikian RS akan mampu meningkatkan kinerja pelyanan , kinerja keuangan dan kinerja manfaat bagi masyarakat. Tidak dapat kita pungkiri bahwa saat ini dan dimasa yang akan datang RS harus dikelola secara profesional dengan konsep bisnis yang sehat. Untuk itu diperlukan peningkatan kompetensi SDM di seluruh lini pelayanan dan staf manajemen agar berwawasan efektifitas dan efisiensi secara optimal.

Didalam pengelolaan rumah sakit, terjadi pembauran antara customer care, pelayanan medis maupun keperawatan dan sekaligus terjadi transaksi keuangan yang cukup kompleks. Kaitannya dengan pembiayaan yang efektif efisien dan rasional bergantung kepada perencanaan keuangan yang akurat, pentarifan yang rasional dan kompetensi SDM yang memadai. Selain untuk menentukan tarif rumah sakit biaya satuan juga amat penting dalam menggambarkan berapa besar biaya operasional RS setiap tahunnya, dengan perhitungan estimasi permintaan dalam bentuk activity driver quantity dikalikan dengan unit cot maka akan didapat estimasi pembiayaan

Kegiatan workshop ini sebagai upaya peningkatan kompetensi lulusan agar mempunyai daya saing tinggi dan merupakan bagian dari Sertifikat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) mengacu pada  Permendikbud No. 73 Tahun 2013, Permendikbud No. 49 Tahun 2014, dan Permendikbud No. 81 Tahun 2014.

TUJUAN

  1. Berubahnya mindset para pemilik dan pengelola RS, bahwa rumah sakit harus dikelola secara profesional dengan meningkatkan kinerja keuangan, kinerja pelayanan dan kinerja manfaat bagi masyarakat yang terukur dengan sistem akuntabilitas.
  2. Tersedianya dokumen biaya satuan rumah sakit (Unit cost) sebagai dasar dalam penyusunan tarif rumah sakit.

SASARAN

  1. Terselenggaranya workshop/ Bimbingan teknis yang interaktif antara tenaga ahli atau narasumber dengan para manajemen RSUD  dalam meningkatkan pengetahuan dan perubahan mindset pada pengelolaan rumah sakit dimasa yang akan datang.
  2. Terselenggaranya bimbingan teknis perhitungan biaya satuan (Unit cost) di rumah sakit.

-- Download Workshop II Unit Cost Analysis Program Pascasarjana MARS Universitas Esa Unggul as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul