Workshop From Lab to Business

Workshop From Lab to Business

Share



Workshop From Lab to Business

Minggu, 20 Juni 2010

 

Selasa, 12 Februari 2008 Universitas INDONUSA Esa Unggul bersama dengan Napier University di bawah naungan Scottish Education Indonesia mengadakan workshop Napier Life Science “From Lab to Business”. Universitas INDONUSA Esa Unggul adalah Perguruan Tinggi satu – satunya sebagai perwakilan Scottish Education Indonesia. Workshop ini dihadiri oleh 80 peserta yang berasal dari beberapa sekolah antara lain PSKD VII, Tarsisius II, Global Prestasi School, SMA Bunda Mulia, Singapore International School, and Islamic Village School. Acara diawali dengan pembukaan oleh Bapak Idrus Jus’at, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan) yang menyampaikan materi mengenai globalisasi, selanjutnya menghadirkan Prof. Dr. Indrawati Gandjar dari Fakultas MIPA UI menyampaikan materi antara lain tentang produk olahan hasil microbiology dan biotechnology seperti produk makan hasil fermentasi yang bermanfaat bagi kesehatan (seperti tempe, tape, keju), mikroorganisme yang penting apabila terolah dengan baik, chemistry, biology, dan engineering menghasilkan sebuah biotechnology menjadi barang industri yang bermanfaat bagi manusia. Professor Charlie Bryce dari Napier University memberikan materi tentang “Biotechnology in Action”, a story of arsenic poisoning, racun arsenic di Bangladesh dan menunjukannya, bagaimana Microbiology memberikan solusi yang baik dalam hal menyelidiki kualitas dari suatu minuman.

Dalam sambutannya Rektor UIEU, Prof. Dr. Kemala Motik Gafur menyampaikan sekilas tentang Program Internasional UIEU dengan memperkenalkan sekaligus mengajak para peserta bergabung di Program Internasional UIEU. Pada saat wawancara dengan TVRI, Mr. Matthias Reese, M.A. (Director of IEU-International) menerangkan bahwa banyak sekali permintaan tenaga profesional dalam bidang Microbiology dan Biotechnology bukan hanya didalam negeri saja tetapi juga diluar negeri pada umumnya.

Selanjutnya, para peserta workshop praktek di laboratorium kimia melakukan demonstrasi bagaimana cara penggunaan alat-alat dan bahan-bahan kimia di laboratorium yang dipandu oleh Bapak Idrus Jus’at, Ph.D (moderator dari Napier Life Science Workshop dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan), tes laboratprium tersebut adalah tes kualitas kesegaran daging, susu yang mengandung formalin, kualitas tepung terigu, dan tes kadar gula pada produk minuman instan, kegiatan berikutnya adalah para peserta mengunjungi perpustakaan, dan ruang kelas. Dalam workshop ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan ilmu peserta yang hadir sekaligus sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Program Studi yang ada pada Scotish Education Indonesia dan IEU International.

 

 

Read More Post
Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Social Media Icons Powered by Acurax Web Design Company