Universitas Esa unggul (UEU) menggelar upacara wisuda bagi para mahasiswanya yang sudah menyelesaikan studi. Sebanyak 1.252 lulusan/wisudawan dilepas melalui ceremonial wisuda di ballroom hotel Pullman Jakarta Barat, senin (6/10/2014). Hadir sekaligus menyampaikan orasi ilmiah Ketua MPR RI – Irjen Pol (Purn) Drs. Sidarto Danusubroto, SH (masa bakti Juli 2013 – Oktober 2014). Dalam sambutannya, Rektor UEU – Dr. Ir. Arief Kusuma, AP, MBA mengatakan, keberhasilan di era globalisasi yang penuh persaingan ini ditentukan oleh kesiapan kita. Kesiapan itu ujarnya, mulai dari adanya sikap keterbukaan dari kita terhadap suatu yang baru, cara kerja baru, cara berpikir baru serta kesediaan untuk menghadapi macam tantangan baru.

“Kesiapan itu disadari oleh adanya motivasi kuat untuk menangkap adanya peluang dan berinovasi untuk mendapatkan sesuatu yang baru yang lebih baik. Kesiapan itu biasanya juga disertai oleh tekad dan keberanian untuk menghadapi setiap hambatan dan cobaan yang pastinya akan mewarnai kehidupan karir seseorang”, kata Arief Kusuma.  Siap itu lanjutnya, berarti kita harus siap untuk memperbaiki diri kita secara terus-menerus (self continiuous improvement). Sebagai individu harus siap latih, siap pakai, siap kerja, siap bersaing dan yang paling penting menurutnya adalah siap untuk belajar kembali, siap untuk meningkatkan serta mengembangkan diri agar selalu berada satu langkah lebih maju dalam setiap aspek kompetisi yang dibutuhkan oleh dunia kerja dibandingkan individu lainnya.

Sementara itu Ketua MPR RI Sidarto Danusubroto dalam orasi ilmiahnya dengan tema “Pembangunan Karakter Bangsa dalam Mewujudkan Daya Saing Indonesia, (Peran Strategis MPR dalam Internalisasi Nilai-nilai Pancasila)”, mengatakan bahwa lulusan UEU harus siap menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Nasib orang itu tidak ada yang dapat menyangka, banyak orang yang awalnya bukan siapa-siapa namun bisa menjadi pemimpin bangsa.” (Is.A/Est)