Dalam rangka Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I) yang diselenggaraka pada Jumat, 15 Agustus 2014 di ruang 207-208 Kampus Esa Unggul. Acara tersebut selain dihadiri oleh mahasiswa/i juga dihadiri oleh pimpinan Fakultas diantaranya yang hadir yaitu Dekan Fakultas Psikologi – Ibu Sulis Maryanti, Dekan FKIP – Ibu Roro dan Wadek Fakultas Teknik Bapak Drajat.

Dalam acara tersebut selain mendengar sambutan dan pengarahan dari Warek III Bapak Ari Pambudi juga mendengarkan pemaparan tentang kegiatan Program Kreatiftas Mahasiswa (PKM)
dari Bapak Idris B Kamad selaku Kepala Departemen Kemahasiswaan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.        Antusias mahasiswa/i sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan PKM ini baik mahasiswa yang mendapatkan beasiswa maupun tidak.

Dari kegiatan sosialisasi PKM ini, menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu diantaranya:

  1. PKM ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif Universitas Esa Unggul
  2. Kegiatan PKM ini dapat diketahui informasinya  melalui website esgul, group fb “curhat pkm ueu“, group what’s up “sharing PKM UEU“, poster di tiap lantai, spanduk, kedepannya akan di kordinasikan ke fakultas untuk diumumkan ketika jam perkuliahan.
  3. Untuk Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa “ WAJIB” mengikuti kegiatan PKM ini, karena akan menjadi dasar penilaian/ evaluasi kelanjutan beasiswanya (sesuai dikontrak).
  4. Pihak Departemen Kemahasiswaan akan meminta data dari Warek IV melalui ibu heriyanti, nama- nama penerima beasiswa untuk dikordinasikan dengan pihak fakultas untuk cros check data berkaitan dengan penilaian/evaluasi kelanjutan beasiswanya.
  5. Untuk menentukan nama dosen pembimbing  di berikan kepercayaan kepada masing- masing fakultas , dalam hal ini Dekan/ Wadek
  6. Untuk dosen pembimbing akan dibuatkan SK Rektor berdasarkan data yang diterima dari masing- msing fakultas.