Esa Unggul Peduli Belitung

Esa Unggul Peduli Belitung

Universitas Esa Unggul Bersama Kopertis Wilayah III Jakarta dan Beberapa Perguruan Tinggi Jakarta Berpartisipasi Aktif Membantu Masyarakat Belitung Timur Korban Bencana Banjir Bandang

Kopertis Wilayah III Jakarta mengambil inisiatif untuk terlibat langsung dalam upaya membantu masyarakat Belitung Timur korban musibah banjir bandang. Mendirikan pusat bantuan dan posko relawan tepat berada di pusat bencana, Dusun Canggu, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung timur 26 Juli – 03 Agustus 2017.

Tim Universitas Esa Unggul yang terdiri dari Bapak Mury Kuswari, Bapak Barika, Teuku Ilhamsyah Putra dan I Made Sulang Aryawan tiba di Tanjung Pandan pada Hari Kamis, 27 Juli 2017 kemudian tim melanjutkan perjalanan ke Dusun Canggu, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur untuk bergabung bersama Tim Kopertis Wilayah III Jakarta.  Dusun Canggu merupakan daerah terparah, dimana bendungan Pice Besar berada. Melibatkan tidak kurang 13 universitas yang tergabung dalam binaan Kopertis Wilayah III Jakarta yang terdiri dari 8 orang dokter, 17 tenaga medIs, 2 psikolog, 9 juru masak dan 35 tenaga umum. Kegiatan yang dilakukan berupa pelayanan kesehatan umum dan kesehatan gigi, pelayanan dalam bidang pemulihan pasca bencana untuk anak-anak, kegiatan sosial  membantu pemulihan rumah warga terdampak bencana dan fasilitas umum serta bantuan langsung kepada masyarakat.

Universitas Esa Unggul Bersama Kopertis Wilayah III Jakarta

Universitas Esa Unggul Bersama Kopertis Wilayah III Jakarta

Kegiatan sosial berupa pembongkaran rumah, pembersihan jalan dan pembersihan rumah warga di seputar Dusun Canggu. Kegiatan ini berhasil melakukan pembongkaran rumah warga sebanyak 3 unit, perbaikan SDN 7 dan perbaikan jalan desa di Dusun Canggu. Kegiatan pendidikan untuk anak dilakukan di SDN 3, SDN 7, SDN 9 dan SDN 21 yang tersebar di wilayah Gantung. Kegiatan yang dilakukan berupa pemberian motivasi, pembagian seragam sekolah, buku sekolah, sepatu dan trauma healing untuk anak.

Pemberian Bantuan Langsung Kopertis Wilayah III Jakarta

Pemberian Bantuan Langsung Kopertis Wilayah III Jakarta

Kegiatan kesehatan dilkukan pada beberapa titik : Puskesmas Gantung, Kunjungan ke rumah-rumah pasien, Posko Koramil, Balai Desa Meranteh dan Gedung MPB Dusun Canggu. Total pasien yang dilayani untuk kesehatan umum sebanyak 480 orang yang datang langsung ke Posko dan sebanyak 137 pasien yang dikunjungi ke rumah. Untuk kesehatan gigi dan mulut tim kedokteran gigi juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat sebelum melakukan tindakan. Dalam kegiatan ini tiga penyakit yang sering ditemui adalah hipertensi (daerah tinggi), infeksi saluran pernapasan atas (batuk pilek) dan osteorthritis (penyakit sendi tua) dengan variasi penyakit lain berupa penyakit kulit.

Kegiatan Sosial Berupa Pembongkaran Rumah

Kegiatan Sosial Berupa Pembongkaran Rumah

Pemberian Motivasi dan Pemeriksaan Kesehatan

Pemberian Motivasi dan Pemeriksaan Kesehatan

Bantuan langsung yang diserahkan pada masyarakat berupa penampung air, kasur, sajadah, mukena, sarung, seragam SD, buku, alat tulis dan sepatu. Bantuan diserahkan di Dusun Canggu, Dusun Seberang, Dusun Slingsing, Kampung Bugis, Dusun Meranteh dan Bukit Penyu.

Pelepasan Tim oleh Bupati Belitung Timur Bapak Yuslih Ihza

Pelepasan Tim oleh Bupati Belitung Timur Bapak Yuslih Ihza